8 Juni 1968

Tersangka Pembunuh Luther King Ditangkap

James Earl Ray
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Pada 42 tahun yang lalu, polisi Inggris menangkap pria asal Amerika Serikat (AS), James Earl Ray, yang dicurigai terlibat dalam pembunuhan tokoh gerakan persamaan hak warga kulit hitam AS, Martin Luther King Jr.

Stasiun televisi BBC mengungkapkan bahwa Ray ditangkap polisi Scotland Yard di Bandar Udara Internasional Heathrow saat akan terbang ke Brussels, Belgia.

Pria 40 tahun itu awalnya didakwa polisi Inggris karena memiliki sebuah paspor palsu dan sepucuk pistol tanpa sertifikat. Selanjutnya, Departemen Kehakiman AS mengajukan ekstradisi atas Ray yang dituduh melakukan pembunuhan atas Luther King. 

Sejarah Bakal Pecah, Besok Raja Aibon Kogila Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Biro Penyelidik Federal AS, FBI, mengungkapkan bahwa kabur dari Penjara Missouri dan dinyatakan buron sejak 23 April 1967. Saat itu Ray menjalani hukuman penjara selama 20 tahun atas kasus perampokan bersenjata.

Sedangkan Luther King ditembak mati pada 4 April 1967 saat berdiri di balkon suatu hotel di Memphis dan meninggal di rumah sakit. Polisi langsung menuduh Ray sebagai tersangka utama. Dia diketahui menyewa sebuah kamar motel di Memphis, yang terletak dekat dengan hotel tempat Luther King menginap.

Ray pun melarikan diri setelah penembakan berlangsung. Setelah diburu ke Eropa, Ray akhirnya ditangkap di London.

Martin Luther King Jr. berpidato di depan pendukungnya

Makin Panas, Hotman Paris Tantang Rocky Gerung Adu Jotos di Ring Tinju

Martin Luther King Jr. berpidato di depan massa (AP Photo)

Setelah diekstradisi ke AS, Ray pun divonis penjara selama 99 tahun atas dakwaan membunuh Luther King. Dia terpaksa mengaku bersalah demi menghindar dari hukuman mati.

Ray meninggal di penjara pada tahun 1998 di usia 70 tahun.

Yuddy: Sikap Prabowo Tunjukkan Kepekaan atas Kondisi Geopolitik
Festival balon udara digelar di Pekalongan dan Wonosobo Jawa Tengah

Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada

AirNav telah mengeluarkan Notif atau NOTAM kepada pilot untuk waspadai munculnya balon udara yang diterbangkan secara liar di ketinggian 8.000 hingga 9.000 kaki.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024