Penjara Meksiko Diserang, Bebaskan Pemimpin Kartel Narkoba dan Tewaskan 19 orang

Pasukan keamanan tiba di penjara negara bagian Cereso nomor 3 setelah penyerang tak dikenal memasuki penjara dan membebaskan beberapa narapidana, mengakibatkan cedera dan kematian, menurut media lokal, di Ciudad Juarez, Meksiko, 1 Januari 2023.
Sumber :
  • ANTARA/REUTERS/Jose Luis Gonzalez/as.

VIVA Dunia – Serangan terhadap sebuah penjara di kota perbatasan Meksiko, Juarez, menewaskan 19 orang dan membebaskan seorang pemimpin kartel beserta puluhan tahanan lainnya, kata pihak berwenang.

Mumpung Ramadhan, Ammar Zoni Banyak Berdoa Agar Segera Bebas dari Penjara

Sebuah kelompok bersenjata dengan kendaraan lapis baja menyerang penjara tersebut, dan markas polisi kota hampir secara bersamaan, kata Menteri Pertahanan Luis Crescencio Sandoval dalam jumpa pers, Senin waktu setempat. Pihak berwenang mengatakan bahwa serangan pada Minggu pagi itu terjadi ketika penjara tersebut bersiap menerima kunjungan Tahun Baru.

Melansir Antaranews, Rabu 4 Januari 2023, awalnya mereka melaporkan bahwa jumlah korban tewas sedikitnya 14 orang, tetapi pada Senin, angka kematian ini menjadi 19 yang terdiri dari 10 penjaga, tujuh tahanan, dan dua penyerang, kata Sandoval. Serangan itu membuat 25 tahanan, termasuk Ernesto Alfredo Pinon de la Cruz alias "El Neto", kabur.

Penangkapan Helena Lim Crazy Rich PIK, Netizen Salfok Baju Branded dan Rompi Pink yang Dipakai

Ilustrasi penjara.

Photo :
  • U-Report

Pinon adalah algojo kartel asal Juarez bernama "Los Mexicles", kata Menteri Keamanan Icela Rodriguez dalam jumpa pers itu.
Petugas federal dikerahkan untuk menangani kerusuhan setelah serangan tersebut.

Sengaja Tidak Berpuasa saat Ramadhan, Siap-siap Anda Bakal Dihukum Penjara di Negara Ini

Mereka menemukan sebuah "zona VIP" di dalam penjara itu yang berisi narkoba dan uang, kata Rodriguez, seraya mengecam pemerintah daerah Chihuahua. "Itu merupakan tanggung jawab negara karena otoritas federal tidak dapat ikut campur di tempat
seperti ini," kata Rodriguez.

Dia menambahkan bahwa pemerintah belum meminta agar tahanan berbahaya seperti "El Neto" dipindahkan dari penjara yang sesak itu ke lokasi dengan tingkat keamanan lebih tinggi. Jaksa Agung Roberto Javier Duarte mengatakan dalam jumpa pers terpisah, Senin, bahwa pemerintah akan membersihkan sistem pemasyarakatan di negara itu dan mereka yang terlibat
korupsi akan dituntut.

Insiden pada Minggu itu mencatatkan salah satu angka kematian terbanyak dalam seranganserangan penjara di Meksiko selama beberapa tahun terakhir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya