Tim Aktivis Iran Kini Giliran Jajal Israel

Misi kemanusiaan Palestina di Kapal Mavi Marmara
Sumber :
  • AP Photo/Free Gaza Movement

VIVAnews - Insiden penyerangan kapal Mavi Marmara pekan lalu ternyata tidak membuat para aktivis Iran gentar. Palang Merah Iran bahkan bersiap mengirimkan dua kapal kemanusiaan ke Gaza pekan ini sekaligus berupaya mendobrak embargo Israel.

Pengiriman ini diumumkan Senin, 8 Juni 2010, satu hari setelah pejabat senior pemerintah Iran menawarkan pengawalan dari Garda Revolusioner untuk melindungi kapal-kapal tersebut.

"Satu kapal akan membawa donasi dari masyarakat, dan satu kapal lagi akan membawa petugas medis. Dua kapal tersebut akan dikirim ke Gaza akhir pekan ini," kata Abdolrauf Adibzadeh, ketua Palang Merah di Iran, seperti dikutip dari laman Times Online.

Yamaha Aerox 2024 Makin Sporty dan Elegan dengan Warna Barunya

Dia juga menambahkan kapal ketiga mungkin akan menyusul di kemudian hari. Dua kapal pertama akan berlayar menuju Gaza dengan koordinasi dengan pemerintah Turki. Satu kapal mengangkut 70 relawan seperti perawat dan petugas medis. Sedangkan kapal lain akan mengangkut bahan pangan dan obat-obatan. Dia berseru pada para relawan untuk bergabung dengan konvoi. Kapal ketiga akan menyediakan kamar bedah di atas kapal.

Kali terakhir Palang Merah Iran mengirimkan kapal kemanusiaan dengan makanan dan obat-obatan ke Gaza adalah pada Desember 2008. Saat itu, satu kapal tersebut dihentikan oleh angkatan laut Israel, tanpa memakan korban jiwa.

Senin pekan lalu, konvoi kemanusiaan dengan kapal induk Mavi Marmara diserbu oleh militer Israel. Israel menuduh organisasi kemanusiaan Turki menyelundupkan tentara bayaran di dalam kapal. (mt)

MIND ID di Pameran Festival PPKL.

Pameran Festival PPKL, MIND ID Paparkan Upaya Jaga Lingkungan

Ada tiga topik utama yang ditampilkan dalam pameran.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024