Arab Saudi Penjarakan 2 Admin Wikipedia, Salah Satunya Dihukum 32 Tahun

Logo Wikipedia.
Sumber :
  • Wikipedia.

VIVA Dunia – Arab Saudi memenjarakan dua admin Wikipedia, dalam upaya mengontrol konten di situs web. Seorang adminnya dihukum penjara selama 32 tahun, dan yang lainnya dihukum delapan tahun, kata kelompok hak asasi manusia.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Eksekusi yang dilakukan Arab Saudi ini terjadi beberapa minggu setelah seorang mantan pekerja Twitter dipenjara di Amerika Serikat (AS) karena menjadi mata-mata untuk Saudi.

Melansir The Guardian, Jumat 6 Januari 2023, investigasi oleh badan induk Wikimedia menemukan bahwa pemerintah Saudi telah menyusup jajaran senior Wikipedia di wilayah Timur Tengah. Beberapa warga Saudi bertindak atau dipaksa untuk bertindak sebagai agen, kata kelompok HAM itu.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Wikimedia.

Photo :
  • Wikipedia.

“Investigasi Wikimedia mengungkapkan bahwa pemerintah Saudi telah menyusup ke jajaran tertinggi dalam tim Wikipedia di wilayah tersebut,” kata Democracy for the Arab World Now (Dawn) dan Smex yang berbasis di Beirut dalam pernyataan bersama.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Dawn, yang berbasis di Washington DC dan didirikan oleh mendiang jurnalis Saudi Jamal Khashoggi, dan Smex, yang mempromosikan hak digital di dunia Arab, mengutip "pelapor dan sumber tepercaya" untuk informasi tersebut. Tidak ada komentar langsung dari pemerintah Saudi atau dari  Wikimedia.

Dua “admin” berpangkat tinggi – administrator sukarela dengan akses istimewa ke Wikipedia, termasuk kemampuan untuk mengedit halaman yang dilindungi sepenuhnya – telah dipenjara sejak mereka ditangkap pada hari yang sama di bulan September 2020, tambah kedua badan tersebut.

Penangkapan itu tampaknya menjadi bagian dari "tindakan keras terhadap admin Wikipedia di negara itu", kata Dawn dan Smex, menyebut dua orang yang dipenjara sebagai Osama Khalid dan Ziyad al-Sofiani.

Direktur penelitian Dawn untuk wilayah Teluk, Abdullah Alaoudh, mengatakan Khalid dipenjara selama 32 tahun dan Sofiani menerima hukuman delapan tahun.

“Penangkapan Osama Khalid dan Ziyad al-Sofiani di satu sisi, dan infiltrasi Wikipedia di sisi lain, menunjukkan aspek yang mengerikan tentang bagaimana pemerintah Saudi ingin mengontrol narasi dan Wikipedia,” kata Alaoudh kepada AFP.

Ilustrasi pengadilan.

Photo :
  • Pixabay

Pernyataan Dawn dan Smex muncul setelah Wikimedia bulan lalu mengumumkan larangan global untuk 16 pengguna "yang terlibat dalam penyuntingan konflik kepentingan pada proyek Wikipedia di wilayah Mena (Timur Tengah dan Afrika Utara)".

Dalam penyelidikan yang dimulai Januari lalu, Wikimedia mengatakan "dapat mengonfirmasi bahwa sejumlah pengguna yang memiliki hubungan dekat dengan pihak eksternal sedang mengedit platform secara terkoordinasi untuk memajukan tujuan pihak tersebut".

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya