Mantan Model Masuk Kabinet PM Jepang

PM baru Jepang, Naoto Kan (kanan) bersama mantan PM Yukio Hatoyama
Sumber :
  • AP

VIVAnews - Perdana Menteri terpilih Jepang, Naoto Kan, merilis daftar Kabinet, Selasa, 8 Juni 2010. Kan mempertahankan orang-orang lama di posisi kunci dengan tujuan menangani isu ekonomi dan kebijakan luar negeri.

Tapi ada beberapa wajah baru, termasuk seorang mantan model, masuk dalam daftar agar mereka bisa memenangkan kembali pemungutan suara pada pemilihan umum berikutnya.

Naoto Kan adalah Perdana Menteri keenam Jepang dalam empat tahun terakhir. Dia  akan resmi diambil sumpah pada hari ini melalui upacara yang dipimpin Kaisar Akihito. Kan memilih mempertahankan orang-orang lama dalam Kabinet, termasuk menteri luar negeri dan menteri pertahanan.

Namun dia menambah sejumlah anggota kabinet baru berusia muda. "Dengan usia muda dan profesionalisme, kami ingin menciptakan sebuah pemerintahan bersih dan bertanggung jawab," kata menteri sekretaris negara baru, Yoshihito Sengoku.

Salah satu wajah baru dalam kabinet adalah seorang perempuan bernama Renho, mantan model dan penyiar televisi, yang sangat populer di media karena menyerang birokrasi dalam satu debat publik mengenai anggaran tahun lalu.

Renho, bintang bersinar dari Partai Demokrat ini berusia 42 tahun, dan akan menjadi anggota termuda dalam kabinet. Dia akan duduk sebagai menteri reformasi administrasi. Ayahnya berasal dari Taiwan. "Dia sangat mengesankan. Dia tajam seperti pisau saat mengajukan pertanyaan," kata Sheila Smith, staf senior di Dewan Urusan Luar Negeri di Washington.

Sedangkan posisi menteri keuangan yang ditinggalkan Kan, akan diisi mantan bawahannya, Yoshihiko Noda. Noda adalah pendukung pembenahan finansial dan penentang pemborosan anggaran publik atau pengajuan utang baru oleh pemerintah Jepang.

Kan pernah mengekspos kasus produk tercemar HIV yang ditutup-tutupi pemerintah pada pertengahan tahun 1990-an. Dia terpilih menjadi PM baru Jepang melalui pemungutan suara di parlemen pekan lalu setelah Yukio Hatoyama mengundurkan diri. (Associated Press/np)

Polisi Ungkap Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Diduga Menistakan Agama
Waketum Nasdem, Ahmad Ali di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Selasa, 23 April 2024

Ahmad Ali Temui Prabowo, Sekjen Nasdem: Bagian dari Silaturahmi, Pak Prabowo Pernah ke Sini

Sekertaris Jenderal Partai Nasdem, Hermawi Taslim, menegaskan kalau kehadiran Wakil Ketua Umum Nasdem Ahmad Ali ke rumah pribadi Prabowo Subianto dalam rangka silaturahmi

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024