Usai Akui Bunuh 25 Anggota Taliban, Warga Afghanistan Minta Pangeran Harry Diadili

Warga Afghanistan minta Pangeran Harry diadili
Sumber :
  • Sky News

VIVA Dunia – Warga Afghanistan telah meminta Pangeran Harry untuk menghadapi tuntutan atas kematian orang-orang yang dia akui telah dia bunuh selama waktunya berperang di negara itu untuk militer Inggris. Dalam memoarnya yang sangat dinantikan, "Spare", Harry mengungkapkan dia telah membunuh 25 anggota Taliban, dan mengatakan dia tidak menganggap mereka sebagai "orang", melainkan sebagai "bidak catur" yang telah diambil dari papan.

Pangeran Harry Resmi Daftarkan AS Sebagai Tempat Tinggal Utama, Tak Lagi Jadi Bangsawan Inggris?

Duke of Sussex itu melakukan dua tugas di Afghanistan selama waktunya di militer, termasuk antara 2012 dan 2013 di mana dia bertugas sebagai co-pilot helikopter perang Apache.

Kerabat korban serangan udara 2011 yang telah dilakukan oleh pasukan Inggris, Mullah Abdullah, termasuk di antara mereka yang mengatakan Harry harus diadili.

Meghan Markle Usir Wanita yang Dekat dengan Pangeran Harry

VIVA Militer: Pangeran Harry saat bertugas di Afghanistan

Photo :
  • hellomagazine.com

Dia mengatakan dia kehilangan sembilan kerabat ketika rumahnya terkena serangan udara saat dia berada di pasar di desa Yakhchal di distrik Nahr-E-Saraj. "Kami meminta komunitas internasional untuk mengadili orang ini (Pangeran Harry), dan kami harus mendapatkan kompensasi atas kerugian kami," ujarnya, melansir Sky News

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

"Kami kehilangan rumah kami, hidup kami, dan anggota keluarga, kami kehilangan mata pencaharian kami dan juga orang yang kami cintai." lanjutnya. 

Tobias Ellwood, seorang backbencher senior dan ketua Commons Defense Committee, mengatakan pengungkapan yang dilakukan Pangeran Harry dalam memoarnya adalah "keliru".

"Saya khawatir ini akan berdampak pada keamanan," kata Ellwood.

VIVA Militer: Pangeran Harry saat bertugas di Afghanistan

Photo :
  • news.com.au

Berbicara tentang Invictus Games, komunitas veteran perang yang dibentuk oleh Pangeran Harry, dia berkata: "Salah satu kesempatan langka saya bekerja dengan Pangeran Harry adalah di Invictus Games di Sydney dan di Toronto dan seterusnya. Upaya yang luar biasa. Ini adalah desainnya, ini adalah ciptaannya," 

"Dan saya sekarang khawatir bahwa sesuatu yang sangat penting bagi para veteran untuk membantu rehabilitasi sekarang akan menderita karena mungkin ada implikasi keamanan jika dia berpartisipasi dalam hal itu."

Sekelompok pejabat Taliban di provinsi Helmand, di mana pasukan Inggris berbasis antara 2006 dan 2014, menggemakan seruan agar Harry diadili, ketika sekelompok pengunjuk rasa berkumpul di ibu kota provinsi Lashkar Gah.

Hameedullah Hameedi, anggota dewan provinsi di Helmand, mengatakan kepada Sky News: "Jika Harry menganggap dirinya sebagai anggota dunia yang beradab, ini memalukan baginya untuk mengatakan itu (dia membunuh 25 orang)," 

"Dan lebih memalukan baginya untuk membicarakannya dengan bangga, seperti orang buta huruf dari masyarakat miskin tanpa pengetahuan dan tanpa pendidikan," Hameedi marah. 

Warga Afghanistan minta Pangeran Harry diadili

Photo :
  • Sky News

"Kami tidak hanya menuntut agar dia diadili di pengadilan internasional, tetapi juga menuntut masyarakat internasional untuk menghukumnya secepat mungkin."

Dia melanjutkan: "Ini pasti akan berdampak pada hubungan Inggris-Afghanistan karena orang-orang sadar bahwa itu adalah seorang perwira Inggris dari Keluarga Kerajaan, Pangeran Harry, yang membunuh 25 warga Afghanistan dan telah melakukan kejahatan semacam itu."

Samiullah Sayed, wakil direktur pendidikan di Helmand, menambahkan: "Seperti yang diakui sang pangeran, dia telah membunuh 25 orang. Tidak hanya Harry tetapi semua orang lain yang menginvasi Afghanistan telah melakukan kejahatan yang sama.

"Sebagai bangsa yang merdeka, kami tidak akan pernah melupakan kebrutalan, kebiadaban dan kekejaman yang mereka lakukan terhadap bangsa dan rakyat kami."

Poster-poster yang dipegang oleh beberapa pengunjuk rasa menampilkan foto-foto Harry dengan palang merah.

Harry menulis di memoarnya bahwa membunuh 25 orang Afghanistan "bukanlah sesuatu yang memuaskan saya, tetapi saya juga tidak malu".

Memoar berjudul Spare yang ditulis oleh Pangeran Harry

Photo :
  • Vanityfair

Berbagai anggota militer Inggris telah mengecualikan sang duke yang mengumumkan nomor yang dia bunuh.

Laksamana Muda Perwira Angkatan Laut Kerajaan Pensiunan Chris Parry mengatakan bahwa dalam 35 tahun pengabdiannya, termasuk dalam pertempuran, dia belum pernah mendengar seorang rekan "mengatakan berapa nomor mereka".

"Saya takut mengatakan itu kikuk, hambar dan tidak menghormati orang-orang yang telah terbunuh," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya