Kardinal Goerge Pell yang Pernah Terjerat Kasus Pelecehan Anak Meninggal Dunia

Mantan Bendahara Vatikan sekaligus tokoh Katolik yakni Cardinal George Pell.
Sumber :
  • AP Photo/Gregorio Borgia

VIVA Dunia - Tokoh Katolik asal Australia yakni Cardinal George Pell, meninggal dunia pada usia 81 tahun. George Pell pernah heboh karena tersandung kasus pelecehan terhadap anak-anak.

Kalahkan 11 Negara, Siswa Indonesia Sabet Emas Kompetisi Matematika Internasional di Australia

Mantan bendahara Vatikan itu merupalan tokoh senior gereja Katolik yang pernah dipenjara. Pell meninggal karena sakit komplikasi jantung pasca operasi.

"Dia meninggal karena komplikasi jantung setelah operasi pinggul," demikian keterangan pejabat Gereja, dikutip dari BBC Internasional, Rabu, 11 Januari 2023.

Deretan Negara Ini Ternyata Tidak Miliki Masjid, Ada Negara Tak Terduga!

Kardinal Pell pernah menjabat sebagai Uskup Agung Melbourne dan Sydney sebelum dia jadi salah satu pembantu utama Paus.

Pell dipanggil ke Roma pada 2014 untuk membantu mengurus keuangan Vatikan. Dikutip dari AP, Pell pernah juga menjadi penasihat keuangan Paus Fransiskus.

Turis Australia Ngeluh Terjangkit DBD di Bali, Menkes Bilang Harusnya Bersyukur

Dia pernah menghabiskan 404 hari di sel isolasi di Australia karena terseret kasus pelecehan seks anak. Sosok Pell dikenal kontroversi lantaran kasus pelecehan seks anak tersebut.

Uskup Agung Melbourne, Uskup Peter Comensoli menyampaikan Pell menderita komplikasi jantung yang fatal setelah operasi pinggul. Dia mengatakan Pell juga sempat terbang ke Roma untuk menghadiri pemakaman Paus Benediktus XVI, pekan lalu.

Pun, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese mengucapkan bela sungkawa atas meninggalnya Pell. Dia mengatakan meninggalnya Pell jadi duka banyak orang khususnya umat Katolik.

“Ini akan menjadi hari yang sulit. Dan saya menyampaikan belasungkawa saya kepada semua orang yang berduka hari ini,” kata Anthony Albanese.

Sementara, Uskup Agung Katolik Sydney Anthony Fisher menyampaikan kematian Pell sangat mengejutkan. Dia mengatakan biar sejarawan yang menilai peran penting mendiang Pell terhadap pengaruh gereja di Australia.

“Ini akan menjadi tugas para sejarawan untuk menilai pengaruhnya terhadap kehidupan gereja di Australia dan sekitarnya, tetapi itu cukup besar dan akan bertahan lama,” kata Fisher.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya