5 Negara yang Sempat Intai Indonesia, Ada yang Bangun Pangkalan Militer

VIVA Militer: Lockheed U-2, Pesawat Mata-mata Amerika Serikat
Sumber :
  • Flight Technology

VIVA – Setidaknya ada lima negara di dunia yang diketahui memata-matai Indonesia. Hubungan diplomatik dengan negara tersebut juga kerap mengalami pasang surut. Tak jarang hal ini karena adanya konflik pengintaian. Hal ini rupanya pernah dialami Indonesia sampai diintai oleh negara lain, bahkan tetangga sendiri. Berikut ulasan selengkapnya. 

Palestina Tinjau Ulang Kebijakannya terhadap AS menyusul Veto Permohonan di PBB

1. Australia

Anggota TNI bersiaga saat kapal pemasok logistik Angkatan Laut Australia (HMAS Success) bersandar di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan.

Photo :
  • ANTARA Foto/Arnas Padda.
Presiden dan Wakil Presiden Hadiri Pernikahan Putra Direktur Hukum LPS dengan Putri Ketua MPR

Sebuah dokumen tertanggal November tahun 2009 yang dibawa oleh Edward Snowden mengungkapkan bahwa Australia adalah salah satu negara yang mengintai Indonesia. Australia diketahui melaksanakan pengintaian dengan menargetkan ponsel milik tokoh penting di Tanah Air, seperti Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. 

Kemudian ponsel mantan Wakil Presiden Boediono, mantan ibu negara (alm) Ani Yudhoyono, serta beberapa menteri di zaman itu juga menjadi target. Hal ini membuat Indonesia geram sampai hubungan bilateral kedua negara tegang. Bahkan, Marty Natalegawa yang kala itu menjadi Menlu mengancam melakukan peninjauan ulang terhadap proyek kerja sama. 

Media Asing Sebut Penampilan Timnas Vietnam Jauh di Bawah Indonesia: Sangat Kontras

2. Selandia Baru

Danau Tekapo, Selandia Baru.

Photo :
  • Tourism New Zealand (TNZ)

Masih dalam dokumen yang dibawa oleh Edward Snowden, mantan pekerja kontraktor Otoritas Keamanan Nasional AS yang membongkar bahwa Selandia Baru sudah memata-matai Indonesia secara elektronik dengan cara menyadap email, panggilan telepon, pesan di media sosial, dan berbagai media komunikasi lain. 

Data yang berhasil diambil akan dibagikan kepada beberapa negara sekutu Selandia Baru, seperti Amerika Serikat, Australia, dan Inggris. Selain memata-matai Indonesia, Selandia Baru juga rupanya memata-matai tetangganya di Pulau Pasifik, seperti Fiji, Samoa, Kepulauan Solomon, dan Polinesia Prancis.

3. Inggris

bendera Inggris Raya

Photo :
  • Pinterest

Menurut kabar yang beredar, Inggris kabarnya menempatkan agen mata-mata di Singapura lantaran jaraknya yang dekat dengan Indonesia. Para agen yang bertugas bertanggung jawab untuk melaporkan berbagai informasi mengenai penguasaan ekonomi, keuangan, perbankan, perdagangan, dan sumber daya alam. 

4. Amerika Serikat

Bendera Amerika Serikat (AS).

Photo :
  • feelgrafix.com

Berikutnya negara yang pernah mengintai Indonesia adalah Amerika Serikat. Negara Adidaya ini, menurut kabar, mengintai Indonesia pertama kali ketika mantan Presiden Ir Soekarno akan membuat senjata nuklir. 

Bahkan, Amerika Serikat dikabarkan membangun pangkalan militer di Pulau Cocos dengan jarak sekitar 3.000 km selatan Indonesia. Dengan adanya pangkalan tersebut, Amerika Serikat bisa dengan mudah mengintai Indonesia dan sejumlah negara lainnya di Asia Tenggara. 

Ilustrasi bendera Malaysia.

Photo :
  • Pixabay

Hubungan diplomatik Indonesia dan Malaysia memang naik turun, kadang akur tapi kadang berselisih paham. Salah satu sumber pertengkaran kedua negara ini adalah karena pihak tetangga yang kerap melakukan patroli udara di kawasan Indonesia. Hal ini tentu membuat Indonesia terusik. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya