7 Negara yang Paling Takut dengan Kekuatan Militer Indonesia, Mayoritas Negara Tetangga

VIVA Militer: Tentara Nasional Indonesia
Sumber :
  • Asia Pacific Report

VIVA - Negara Indonesia memang patut diperhitungkan di tingkat internasional, karena sebagai salah satu negara yang besar dan populasi terbanyak tentu saja Indonesia masuk ke dalam negara yang disegani. Bahkan, beberapa negara diklaim takut dengan Indonesia. Negara satu ini juga mempunyai perekonomian yang cukup stabil di tengah jurang resesi. 

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Sedangkan dari sisi militer, kekuatan Indonesia juga tidak dapat diremehkan. Dalam rangking militer dunia 2023 yang dirilis oleh Global Firepower, Indonesia menempati urutan ke-13 dari 145 negara. Bila di Asia Tenggara, Indonesia menduduki peringkat 1. 

Bukan hanya dari sisi alutista, Indonesia juga memiliki pasukan elite khusus. Pasukan tersebut terdiri atas  Kopassus di TNI Angkatan Darat, Kopaska di TNI Angkatan Laut, dan Kopasgat di TNI Angkatan Udara. Nah, berikut negara yang takut terhadap Indonesia. 

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

1. Vanuatu

Vanuatu di Kepulauan Pasifik Selatan.

Photo :
  • travelanthropist.com
Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Vanuatu pernah menyerang Indonesia di sidang PBB soal tuduhan pelanggaran HAM di Papua. Aksi yang dilakukan negara ini bahkan sampai mendapat reaksi keras dari warganet. Warganet Indonesia langsung melancarkan serangan di media sosial. Bahkan akun promosi pariwisata Vanuatu harus tutup karena banyaknya kritikan dan tidak sedikit warga yang terkena mental. 

2. Malaysia

Ilustrasi bendera Malaysia.

Photo :
  • Pixabay

Hubungan diplomatik antaran Indonesia dan Malaysia memang kerap pasang surut lantaran dipicu oleh klaim mengklaim. Meski demikian, kedua negara ini tetap menjalani hubungan baik. Sementara itu, jika dilihat dari kekuatan militer yang dimiliki oleh Indonesia, sejatinya kekuatan militer negara tetangga ini berada jauh di bawah. 

3. Myanmar

Junta Militer menggelar parade Hari Kemerdekaan Myanmar pada 4 Januari 2023.

Photo :
  • CNA/AFP.

Usut punya usut, negara Junta Militer ini rupanya pernah membenci Indonesia. Kebencian Myanmar terhadap negara tetangga ini karena sering mengangkat isu Rohingya di meja rapat PBB. Meski demikian, negara yang satu ini diketahui takut dengan kekuatan militer yang dimiliki oleh Indonesia. 

VIVA Militer: Pasukan Pertahanan Israel (IDF)

Photo :
  • middleeastmonitor.com

Israel merupakan musuh abadi Palestina, negara yang mendapatkan dukungan penuh dari Indonesia. Israel sering dibandingkan soal kekuatan militernya dengan Indonesia. Tentu saja, kekuatan militer Indonesia ini jauh di atas Israel yang berada di urutan ke-18 dalam ranking kekuatan militer terkuat 2023. 

Australia

Photo :
  • pegipegi

Negara yang jadi perbincangan hangat soal klaim pulau Pasir ini tampaknya juga takut dengan Indonesia. Hal ini karena jumlah penduduk dan kekuatan militer yang dimiliki Indonesia. Sebagai negara yang padat penduduk dan salah satu kekuatan militer terbaik di dunia, menjadikan negara Kangguru ini pun segan. 

Belanda

Photo :
  • pixabay/HelenJank

Belanda disebut-sebut sebagai negara yang takut terhadap Indonesia lantaran sudah merasakan perlawanan sengit rakyat ketika menjajah Indonesia. Selain itu, urutan militer Indonesia yang menempati posisi ke-13 juga menjadi salah satu penyebabnya. Karena kekuatan militer Belanda sendiri hanya menempati urutan ke-39 di dunia. 

7. Timor Leste

Presiden terpilih Timor Leste, Jose Ramos Horta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Negara yang kini sudah memisahkan diri dari Indonesia ini pada awalnya bernama Timor Timur. Usai memisahkan diri pada tahun 1999, kedekatan antar keduanya pernah renggang tapi kembali membaik. Kekuatan militer Indonesia diketahui ditakuti oleh Timor Leste. Hal ini tentu saja karena Indonesia menjadi salah satu negara terkuat di dunia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya