Pesawat Yeti Airlines Jatuh di Nepal Tewaskan 68 Orang, 4 Hilang

Sebuah pesawat Nepal jatuh di Pokhara, Nepal, menewaskan 68 orang.
Sumber :
  • AP Photo/Krishna Mani Baral.

VIVA Dunia – Sebuah pesawat domestik Nepal jatuh ketika mendarat di bandara di Pokhara, Nepal dan menewaskan 68 orang penumpangnya. Pesawat melakukan penerbangan selama 27 menit ke kota wisata Nepal sebelum jatuh ke ngarai pada Minggu sore 15 Januari 2023. 

Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

Satu saksi menceritakan dirinya mendengar teriakan minta tolong dari dalam bangkai kapal yang berapi-api. Ini merupakan kecelakaan pesawat paling mematikan di negara itu dalam tiga dekade.

Banyak orang berkerumun di sekitar lokasi kecelakaan dekat bandara di kota wisata Pokhara saat petugas penyelamat menyisir reruntuhan di tepi tebing dan jurang di bawahnya. Sebanyak empat orang dinyatakan hilang dan tim penyelamat yang melakukan pencarian semalam akan melanjutkan pencarian pada Senin 16 Januari 2023.

2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

Petugas penyelamat mengevakuasi jenazah korban pesawat yang jatuh di Pokhara, Nepal, Minggu, 15 Januari 2023.

Photo :
  • AP Photo/Yunish Gurung.

Penduduk lokal Bishnu Tiwari, yang bergegas ke lokasi kecelakaan di dekat Sungai Seti untuk membantu pencarian mayat, mengatakan upaya penyelamatan terhambat oleh asap tebal dan kobaran api.

Soal Kasus Penabrakan, Teuku Rifnu Wikana dan Keluarga Pilih Jalur Damai

“Apinya sangat panas sehingga kami tidak bisa mendekati reruntuhan. Saya mendengar seorang pria berteriak minta tolong, tetapi karena api dan asap kami tidak dapat membantunya,” kata Tiwari melansir AP.

Belum jelas apa penyebab kecelakaan itu, kata Otoritas Penerbangan Sipil Nepal. Seorang saksi,  mengawasi dari teras rumahnya mengatakan, dia melihat pesawat berputar kencang di udara setelah mulai turun di darat. Akhirnya, kata Gaurav Gurung, pesawat jatuh terlebih dahulu ke arah kiri dan jatuh ke ngarai.

Otoritas penerbangan mengatakan pesawat melakukan kontak terakhir dengan bandara dari dekat Ngarai Seti pada pukul 10:50 sebelum jatuh.

Keluarga korban menangis saat mengunjungi rumah sakit di Pokhara, Nepal.

Photo :
  • AP Photo/Yunish Gurung.

Perdana Menteri Nepal, Pushpa Kamal Dahal, yang bergegas ke Bandara Internasional Tribhuvan di Kathmandu setelah kecelakaan, membentuk panel untuk menyelidiki kecelakaan itu. ”Peristiwa itu tragis. Kekuatan penuh tentara Nepal, polisi telah dikerahkan untuk penyelamatan,” katanya.

Pesawat ATR 72 bermesin ganda, dioperasikan oleh Yeti Airlines Nepal, terbang dari ibu kota, Kathmandu, ke Pokhara, yang terletak 200 kilometer (125 mil) barat. Pesawat membawa 68 penumpang termasuk 15 warga negara asing, serta empat awak, kata Otoritas Penerbangan Sipil Nepal dalam sebuah pernyataan.

Orang asing itu termasuk lima orang India, empat orang Rusia, dua orang Korea Selatan, dan masing-masing satu orang dari Irlandia, Australia, Argentina, dan Prancis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya