3 Kasus Kriminal yang Dianggap Pahlawan, Rampok untuk Lunasi Utang Janda

Ilustrasi perampokan
Sumber :
  • pixabay

VIVA Dunia – Indonesia tentu mengenal dengan legenda Si Pitung yang oleh Belanda dianggap sebagai penjahat Betawi. Tapi, untuk masyarakat kecil Indonesia sendiri dikenal sebagai pahlawan. Karena, dia membagikan hasil rampokannya untuk membantu warga miskin di sekitar tempat tinggalnya. 

Shin Tae-yong Galau Harus Hadapi Negara Sendiri

Tindakan kriminal yang dipandang sebagai pahlawan juga rupanya nyata terjadi. Beberapa negara di dunia mempunyai kisah serupa. Bahkan, di antara mereka ada yang sempat bekerja untuk FBI setelah menjalani masa penahanan. Nah, berikut adalah sejumlah kriminal yang dianggap pahlawan seperti dirangkum dari berbagai sumber. 

1. Billy Miner

Terkuak 5 Kejadian yang Terjadi di Dunia Dikaitkan Ketakutan soal Kiamat

Ilustrasi perampokan

Photo :
  • pixabay

Meski dikenal sebagai seorang perampok, tapi Billy Miner mendapat julukan sebagai “The Gentleman Robber” lantaran sopan ketika merampok. Miner adalah seseorang yang menciptakan ungkapan ‘angkat tangan’ yang dikenal sampai saat ini. Ia mulai merampok sejak tahun 1800-an. 

Viral Seorang Remaja Jalan Puluhan Ribu Langkah demi Datang ke Masjid untuk Hal Ini

Hal tersebut membuat dia dipenjara selama 25 tahun. Setelah keluar dari penjara di tahun 1902, dia dipenjara lantaran melakukan aksi perampokan. Ia sempat tertangkap di tahun 1904 dan dijatuhi hukuman seumur hidup. Tapi, dia berhasil melarikan diri hingga kembali merampok kereta. 

Menurut sejumlah sumber, Miner tidak pernah memerintahkan anak buahnya untuk membunuh siapa pun ketika melakukan aksi tersebut. Bahkan, larangan membunuh tersebut tetap berlaku walaupun lawan dalam keadaan terpojok. Miner memakai hasil curiannya untuk membantu lunasi hutang seorang janda

2. Frank Abagnale

Ilustrasi Perampokan Bank

Photo :

Penipu terkenal asal Amerika ini merupakan sosok yang paling dicari oleh pihak kepolisian AS. Dia bisa mencuri dan memalsukan identitas orang lain. Bahkan, Abagnale bisa melakukan penyamaran sebanyak 250 kali. Ia pernah menyamar sebagai pilot, pengacara, hingga dokter. Ia berhasil pergi ke 26 negara dengan menyamar sebagai pilot Pan Am Airways. 

Abagnale ditangkap tahun 1969 dan harus mendekam di penjara selama 12 tahun. Setelah bebas, dia justru bekerja di FBI selama 30 tahun. Ia kerap membongkar kasus penggelapan, penipuan dokumen, dan cek. Kini, pria kelahiran tahun 1948 itu menjadi konsultan perusahaan dan bank terkemuka di AS. 

3. John Dillinger

Pencuri (foto ilustrasi).

Photo :
  • m.lensaindonesia.com

Tahun 1930-an, nama John Dillinger dikenal sebagai sosok Robin Hood era modern. FBI menobatkan dia sebagai pencuri terkenal dan kejam. Tapi, banyak masyarakat yang menganggap dia sebagai pahlawan. Ia memberikan sebagian hasil rampokannya kepada publik untuk mengobati depresinya. 

Dia mulai merampok dan melakukan aksi kriminal sejak kecil. Padahal, dia berasal dari keluarga kelas menengah dan dibesarkan dengan kedisiplinan luar biasa. Sang ayah adalah seorang pedagang grosir di Indianapolis. Tapi, dia tumbuh dengan perasaan kurang bebas dan tertekan sehingga melakukan tindakan kriminal. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya