8 Kecelakaan Pesawat di Nepal dalam 10 Tahun Terakhir

Sebuah pesawat Nepal jatuh di Pokhara, Nepal, menewaskan 68 orang.
Sumber :
  • AP Photo/Krishna Mani Baral.

VIVA Dunia – Kecelakaan pesawat di Nepal baru-baru ini menimpa Pesawat Yeti Airlines, ANC ATR 72-500 yang jatuh di Pokhara, Nepal barat sekitar pukul 11 ??pagi waktu setempat Minggu, 15 Januari 2023. Terdapat 68 penumpang yang telah dinyatakan meninggal dalam kecelakaan pesawat tersebut. Penyebab kecelakaan tersebut hingga saat ini belum menemukan kejelasan sebab jatuhnya pesaat tersebut.

Deretan 5 Negara yang Tak Pernah Dijajah dalam Sejarah

Perlu diketahui Nepal, yang terletak di daerah pegunungan, memiliki bandara di ketinggian 29.200 kaki di singkapan tanah kecil yang relatif datar, terletak di antara pegunungan tertinggi di dunia.

Nepal

Photo :
  • BBC News
Pegunungan di China Zhangye Danxia Warna-warni, Benarkah Tercantum Dalam Al-quran?

Pesawat itu merupakan  jenis turboprop bermesin ganda dengan jarak pendek. Yeti Airlines sendiri merupakan maskapai penerbangan domestik terbesar kedua di Nepal. Maskapai itu didirikan oleh Sherpa bersaudara - Sonam Sherpa dan Ang Tendi Sherpa, serta mendiang Ang Tshiring Sherpa.

Yeti airlines saat ini dipimpin oleh CEO Anoj Rimal, Executive Chairman Lhakpa Sonam Sherpa dan Managing Director Chanda Sherpa. Bagaimanapun peristiwa kemarin bukan pertama atau bahkan kedua kalinya Yeti Airlines menjadi pusat tragedi.

Terpopuler: Hard Gumay Sebut 2 Kecelakaan Pesawat hingga Kedekatan Nikita Mirzani dan Ajudan Prabowo

Ada laporan yang menyatakan bahwa maskapai menggunakan teknologi kuno yang tidak sesuai dengan standar internasional. Seperti dirangkum Republic World, ini catatan kelam penerbangan di Nepal sepuluh tahun kebelakang sebagai berikut:

Tara Air, 29 Mei 2022

Tara Airlines crash

Photo :
  • BBC News

Pada Mei tahun lalu, sebuah penerbangan Tara Air, yang merupakan maskapai saudara dari Yeti Airlines, jatuh dan menewaskan 22 orang. Pesawat kecil itu jatuh di dekat bukit Lete Nepal.

Pesawat 9N-AET Twin Otter sedang melakukan perjalanan dari Pokhara ke Jomson membawa empat orang India, 13 penumpang Nepal, tiga warga negara Jepang, dua orang Jerman, bersama dengan tiga awak Nepal.

Yeti AT72 di Pokhara, 29 Juli 2022

Detik-detik Yeti Airlines jatuh

Photo :
  • Twitter

Yeti Airlines dari Pokhara ke Kathmandu (Nepal) membawa sekitar 45 orang. Peristiwa itu terjadi saat pesawat sedang keluar dari Pokhara dan mesin sebelah kiri (PW127) gagal mendorong kru untuk mematikan mesin dan kembali ke Pokhara untuk mengisi yang aman sekitar enam menit setelah pelepasan. Bandara melaporkan mesin sebelah kiri mati segera setelah pesawat mengudara.

Yeti AT72 di Kathmandu, 12 Juli 2019

Bandar udara Lukla di Nepal

Photo :
  • Kogo/WikiCommons

Yeti Airlines dari Nepalgunj ke Kathmandu (Nepal) dengan 66 penumpang dan tiga awak, mendarat di landasan pacu Kathmandu 02 tetapi berbelok langsung dari landasan pacu dan berhenti dengan semua gigi di tanah lunak. Tidak ada korban luka, pesawat mengalami kerusakan ringan. Air Traffic Control (ATC) mengumumkan bandara ditutup karena pesawat terbang dari landasan.

Maskapai melaporkan insiden ekskursi landasan pacu, semua 66 penumpang (64 dewasa, 2 bayi) dan tiga awak tetap tidak terluka. Bandara dibuka kembali sekitar jam delapan setelah kecelakaan itu.

Yeti JS41 di Kathmandu, 1 September 2018

Tenzing-Hillary Airport, Kathmandu, Nepal

Photo :
  • YouTube

Yeti Airlines BAe Jetstream 41, melakukan penerbangan dari Nepalgunj ke Kathmandu dengan 21 penumpang dan 3 awak. Pesawat itu mendarat di landasan pacu Kathmandu tetapi sempat membelok ke kiri landasan pacu.

Lima penumpang terluka, pesawat mengalami kerusakan parah (setidaknya roda gigi hidung roboh). Bandara Tribhuvan melaporkan 5 penumpang mengalami luka serius dan dibawa ke rumah sakit, penumpang dan awak lainnya selamat. Pesawat mengalami kerusakan gigi.

 Yeti JS41 di Bharatpur, 27 Mei 2018

Nepal

Photo :
  • BBC News

Yeti Airlines BAe Jetstream 41, melakukan penerbangan dari Bharatpur ke Kathmandu Nepal dengan 22 penumpang.

Pesawat sedang dalam pendakian awal keluar dari Bharatpur ketika salah satu mesin menelan seekor burung yang mendorong kru untuk kembali ke Bharatpur untuk kelebihan yang aman. Pesawat masih berada di darat di Bharatpur sekitar 8 jam setelah mendarat.

Yeti JS41 di Bhairahawa, 18 Maret 2018

Petugas penyelamat mengevakuasi jenazah korban pesawat yang jatuh di Pokhara, Nepal, Minggu, 15 Januari 2023.

Photo :
  • AP Photo/Yunish Gurung.

Yeti Airlines BAe Jetstream 41, melakukan penerbangan dari Kathmandu ke Bhairahawa dengan 26 penumpang. Pesawat mendarat di Bhairahawa tetapi tidak berfungsi di landasan karena roda terkunci. Para penumpang harus turun ke landasan. Media Nepal melaporkan roda hidung mengunci.

Yeti JS41 di Bhairawa, 24 September 2016

Lokasi jatuhnya pesawat Tara Air saat operasi penyelamatan di Thasang, Nepal.

Photo :
  • Dok. Fishtail Air Pvt Ltd Captain Nikalas Fjellgren

Yeti Airlines Jetstream 41, melakukan penerbangan dari Kathmandu ke Bhairawa dengan 29 penumpang dan tiga awak. Mereka mendarat di landasan melewati pacu Bhairawa 28 tetapi ujung landasan dan berhenti di medan kasar sekitar 350 kaki melewati ujung landasan pacu. Tidak ada korban luka meski pesawat mengalami kerusakan parah.

Yeti JS41 di Biratnagar, 17 Juni 2015

Kecelakaan pesawat di Nepal

Photo :

Yeti Airlines Jetstream 41, melakukan penerbangan dari Biratnagar ke Kathmandu (Nepal) dengan 27 penumpang dan 2 awak. Pesawat itu baru saja berputar untuk lepas landas dari Biratnagar ketika mesin sebelah kiri (TPE331) ditabrak seekor burung.

Pesawat melanjutkan lepas landas, naik ke ketinggian yang aman dan kembali untuk mendarat dengan aman. Pesawat pengganti mengantarkan penumpang ke Kathmandu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya