Tak Pernah Lihat Matahari Selama di Penjara, Raja Kartel Narkoba El Chapo Minta Bantuan Presiden

Joaquin El Chapo Guzman
Sumber :
  • Anadolu Agency

VIVA Dunia – Raja narkoba terkenal Joaquin "El Chapo" Guzman telah meminta bantuan presiden Meksiko karena dugaan "siksaan psikologis" yang dideritanya di penjara Amerik Serikat, kata pengacaranya pada Selasa lalu.

Kolaborasi Prabowo dan Raja Yordania, TNI Berhasil Kirim Bantuan RI ke Gaza via Udara

"Dalam enam tahun Joaquin berada di penjara Amerika Serikat, dia belum pernah melihat matahari lagi," kata Jose Refugio Rodriguez, perwakilan hukum pendiri kartel Sinaloa yang berbasis di Meksiko. Pesan itu, digambarkan sebagai "SOS," dikirim melalui salah satu pengacara Guzman di Amerika Serikat serta keluarganya, kata Rodriguez.

Guzman hanya diizinkan keluar tiga kali seminggu ke daerah kecil di mana dia "tidak terkena sinar matahari", dan memiliki lebih sedikit kunjungan atau panggilan telepon daripada narapidana lain, kata pengacara itu dalam sebuah wawancara, melansir NDTV

Pupuk Kaltim Gelontorkan Rp 3 Miliar Gelar Safari Ramadhan 2024 di Bontang

Joaquin El Chapo Guzman

Photo :
  • Anadolu Agency

"Dia menderita siksaan psikologis," katanya, menambahkan bahwa kurangnya sinar matahari juga berdampak buruk bagi kesehatan fisik terpidana pengedar narkoba. 

Pakar: Aksi Bantuan Nyata Lebih Dibutuhkan Dibanding Boikot

Guzman ingin Presiden Andres Manuel Lopez Obrador menangani dugaan pelanggaran prosedur selama ekstradisinya pada 2017 di bawah pemerintahan sebelumnya, tambah Rodriguez.

Kedutaan Meksiko di Washington mengkonfirmasi di Twitter pada hari Selasa bahwa mereka menerima email dari Rodriguez pada 10 Januari. Tanpa mengacu pada isi email tersebut, Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard meremehkan kemungkinan campur tangan pemerintah untuk mendukung pengedar narkoba yang terkenal kejam itu.

Kartel narkoba paling terkenal di dunia, Joaquin El Chapo Guzman

Photo :
  • CNN

"Dia menjalani hukuman di sana, dia punya hukuman," katanya kepada wartawan. "Jadi, terus terang saya tidak melihat kemungkinan apa pun untuk dia, tapi saya akan meninjaunya dengan kantor kejaksaan."

El Chapo menjalani hukuman seumur hidup di Amerika Serikat setelah dinyatakan bersalah pada tahun 2019 atas dakwaan termasuk perdagangan narkoba, pencucian uang, dan pelanggaran terkait senjata.

Salah satu putranya, Ovidio Guzman, ditangkap oleh pasukan keamanan Meksiko bulan ini dalam operasi yang menewaskan 29 orang dan memicu baku tembak dramatis di bandara di kota Culiacan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya