Edinburgh Jadi Ibukota Eropa Pertama yang Menandatangani Perjanjian Penghapusan Konsumsi Daging

Kota Edinburgh
Kota Edinburgh
Sumber :
  • National Geographic

VIVA Dunia – Edinburgh sekarang menjadi ibu kota Eropa pertama yang berkomitmen untuk menghilangkan daging dari menunya di sekolah, rumah sakit, hingga panti jompo. Kota tersebut telah memilih untuk mengadopsi "Plant Based Treaty" atau "perjanjian Berbasis Tumbuhan", termasuk janji untuk lebih mempromosikan makanan vegan daripada produk-produk hewani.

Perpindahan ini dilakukan beberapa hari sebelum Burns Night, yaitu makanan yang intinya terdiri dari haggis, yang secara tradisional terbuat dari hati, paru-paru, jantung, dan perut domba.

Melansir Daily Mail, Edinburgh adalah tempat kedua di Inggris yang mengadopsi perjanjian tersebut, yang diluncurkan pada tahun 2021, setelah Dewan Kota, Haywards Heath meresmikannya di West Sussex. Edinburgh bergabung dengan Los Angeles (kota terbesar di California), Pantai Boynton di Florida, Haywards Heath di Inggris, Didim di Turki, dan banyak kota di India yang telah melakukan hal yang sama.

Ilustrasi daging

Ilustrasi daging

Photo :
  • cookist

Langkah tersebut, yang juga bisa berarti menolak izin untuk membuka rumah jagal pemotongan hewan di wilayah Edinburgh, dikecam sebagai 'anti-pertanian' oleh Aliansi Pedesaan Skotlandia.

Direktur aliansi itu, Jake Swindells mengatakan bahwa itu "menjadi kaki tangan informasi yang salah tentang peternakan". Namun para pendukung mengatakan bahwa dengan mengubah pola makan lokal, kota ini akan mampu mengurangi gas rumah kaca yang dihasilkannya.

Sebuah laporan dewan mengatakan: 'Secara keseluruhan, ilmunya jelas: Konsumsi daging dan produk susu harus dikurangi untuk mencapai target iklim.'

Halaman Selanjutnya
img_title