Sedikitnya 145 Penumpang Dikhawatirkan Tewas Akibat Perahu Tenggelam di Kongo

Kapal tenggelam. (Ilustrasi)
Sumber :
  • Ist

VIVA Dunia – Sedikitnya 145 penumpang hilang dan dikhawatirkan tewas setelah sebuah perahu bermotor yang kelebihan muatan barang dan hewan tenggelam pada malam hari, di sebuah sungai di barat laut Kongo, kata pihak berwenang, Kamis 19 Januari 2023.

Operasi Perdamaian Dunia, Mabes TNI Akan Kirim 1.025 Prajurit Pilihan ke Kongo

Pejabat Kongo mengungkapkan sekitar 55 orang selamat dari bencana tersebut. Kapal itu sedang melakukan perjalanan ke negara tetangga Republik Kongo ketika terbalik di Sungai Lulonga Selasa malam di dekat kota Basankusu.

Presiden kelompok masyarakat sipil di daerah tersebut, Jean-Pierre Wangela, mengatakan kepada wartawan bahwa sedikitnya 145 orang hilang. Dia menyalahkan kelebihan muatan atas kematian kapal, tetapi mengatakan bahwa penduduk setempat hanya memiliki sedikit pilihan transportasi.

Wali Kota Berharap Proyek MRT 'Beneran' Sampai Tangsel: Itu Kita yang Usul

Ilustrasi kapal tenggelam.

Photo :
  • Istimewa

“Tidak ada alat transportasi lain saat ini di provinsi kami dan di sini di wilayah Basankusu,” katanya melansir AP.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Tenggelamnya kapal yang menyebabkan puluhan korban jiwa sangat umum terjadi di bagian terpencil Kongo, di mana perjalanan melalui jalan darat terkadang tidak memungkinkan. Banyak perahu yang kelebihan muatan barang dan orang, yang tidak tahu cara berenang. Sedangkan operasi penyelamatan sangat terbatas di bagian terpencil negara itu.

Pada bulan Oktober, lebih dari 40 orang tewas di Sungai Kongo di provinsi Equateur dalam keadaan serupa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya