Protes Kembali Pecah di Ibu Kota Peru, Tuntut Pengunduran Diri Presiden

Ribuan orang memadati ibu kota Peru melakukan protes terhadap Presiden Dina Boluarte dan untuk mendukung pendahulunya, Pedro Castillo.
Sumber :
  • AP Photo/Jose Sotomayor.

VIVA Dunia – Ribuan orang memadati ibu kota Peru, banyak dari mereka berasal dari daerah Andes yang terpencil, untuk melakukan protes terhadap Presiden Dina Boluarte dan untuk mendukung pendahulunya, pada Kamis, 19 Januari 2023.

Presiden Jokowi: Selamat Idul Fitri 1445 H, Semoga Kita Bisa Saling Memaafkan

Diketahui, penggulingan mantan Presiden Peru Pedro Castillo pada bulan lalu memicu kerusuhan mematikan, dan membawa negara itu ke dalam kekacauan politik. Castillo, pemimpin pertama Peru dari latar belakang pedesaan Andean, dimakzulkan setelah gagal membubarkan Kongres.

Dina Boluarte mengambil sumpah sebagai Presiden Peru.

Photo :
  • AP Photo/Guadalupe Pardo.
Istana Bakal Sambut Mantan Presiden hingga Pejabat Jika Hadiri Open House Jokowi

Melansir dari AP, Jumat, 20 Januari 2023, para pendukung mantan Presiden Peru Pedro Castillo menuntut pengunduran diri Boluarte, pembubaran Kongres, dan pemilihan segera. Polisi berulang kali menembakkan gas air mata ke kerumunan pengunjuk rasa saat malam tiba, untuk mencegah mereka menuju kawasan bisnis dan pemukiman di Lima.

“Kami memiliki menteri nakal, presiden yang membunuh dan kami hidup seperti binatang di tengah begitu banyak kekayaan yang mereka curi dari kami setiap hari,” kata Samuel Acero, seorang petani yang mengepalai komite protes regional untuk kota Cusco di Andean.

Presiden Jokowi Ajak Anak Yatim Beli Baju Lebaran di Hari Terakhir Ramadan

"Kami ingin Dina Boluarte pergi, dia berbohong kepada kami."

Kemarahan pada Boluarte semakin jelas terlihat saat penjual jalanan menjajakan kaus bertuliskan, "Keluar, Dina Boluarte," "Pembunuh Dina, Peru menolakmu" dan seruan untuk "Pemilihan baru, biarkan mereka semua pergi."

“Tuhan kami mengatakan bahwa kamu tidak boleh membunuh sesamamu. Dina Boluarte membunuh, dia membuat saudara berkelahi,” kata Paulina Consac sambil membawa Alkitab besar saat berbaris di pusat kota Lima dengan lebih dari 2.000 pengunjuk rasa dari Cusco.

Menjelang sore, pengunjuk rasa telah mengubah jalan utama menjadi area pejalan kaki yang luas di pusat kota Lima. Protes sejauh ini diadakan terutama di Andes selatan Peru, dengan 54 orang tewas di tengah kerusuhan, sebagian besar tewas dalam bentrokan dengan pasukan keamanan.

“Kami berada di titik putus asa antara kediktatoran dan demokrasi,” kata Pedro Mamani, seorang mahasiswa di Universitas Nasional San Marcos.

Siswa di sana adalah demonstran perumahan yang melakukan perjalanan untuk protes yang secara populer disebut sebagai pengambilalihan Lima. Universitas itu dikelilingi oleh petugas polisi, yang juga ditempatkan di titik-titik penting distrik pusat kota Lima yang bersejarah.

Polisi anti huru hara berusaha membubarkan para demonstran di Peru.

Photo :
  • AP Photo/Martin Mejia.

Diketahui, sekitar 11.800 petugas polisi dikerahkan, kata Victor Zanabria, kepala kepolisian Lima kepada media setempat. Dia mengecilkan ukuran protes dengan mengatakan bahwa sekitar 2.000 orang untuk berpartisipasi dalam gelombang protes itu.

Ada protes di tempat lain dan video yang diposting di media sosial menunjukkan sekelompok demonstran mencoba menyerbu bandara di Arequipa selatan, kota kedua Peru. Demonstrasi yang meletus bulan lalu dan bentrokan dengan pasukan keamanan adalah kekerasan politik terburuk dalam lebih dari dua dekade di Peru.

Dengan membawa protes ke Lima, para pengunjuk rasa berharap dapat memberi bobot baru pada gerakan protes yang dimulai ketika Boluarte dilantik pada 7 Desember untuk menggantikan Castillo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya