Gereja Inggris Masih Akan Menolak Sahkan Pernikahan Sesama Jenis atau LGBTQ

Church of England
Sumber :
  • BBC.co.uk

VIVA Dunia – Gereja Inggris akan menolak untuk mengizinkan pasangan sesama jenis atau pasagan gay menikah di gerejanya berdasarkan proposal yang ditetapkan pada Rabu, 18 Januari 2023 lalu, di mana lembaga berusia berabad-abad itu mengatakan akan tetap berpegang pada ajarannya bahwa pernikahan adalah antara seorang pria dan seorang pria wanita.

10 Aktor BL Thailand yang Mencuri Hati Penggemar: Aslinya Bukan Gay?

Proposal tersebut dikembangkan oleh para uskup, yang merupakan salah satu dari tiga bagian dari badan pimpinan Gereja yang dikenal sebagai Sinode Umum, setelah konsultasi enam tahun Gereja Inggris tentang seksualitas dan perkawinan, di antara topik-topik lainnya, dan akan diajukan ke Sinode Umum di pertemuan bulan depan.

Gereja Inggris, merupakan pusat persekutuan Anglikan yang lebih luas yang mewakili lebih dari 85 juta orang di lebih dari 165 negara.

Remaja Tikam 2 Pendeta Resmi Ditetapkan Sebagai Tersangka Terorisme

bendera LGBT

Photo :
  • vstory

“Pasangan sesama jenis masih belum bisa menikah di gereja Church of England,” kata pernyataan itu, menurut laporan BBC, bahwa para uskup telah menolak untuk mendukung perubahan dalam ajaran yang mengizinkan para imam menikahi pasangan gay.

Detik-detik Bharada Richard Eliezer Pindah Agama Jelang Menikah dengan Ling Ling

Di bawah proposal tersebut, pasangan sesama jenis dapat mengadakan kebaktian di mana akan ada "doa pengabdian, ucapan syukur atau untuk berkat Tuhan atas pasangan" di gereja setelah pernikahan sipil. Seperti diketaui, pernikahan sesama jenis telah disahkan di Inggris sejak 2013.

Namun, doa-doa itu akan digunakan secara sukarela oleh para klerus dan dapat digunakan dalam kombinasi “yang mencerminkan keragaman teologis Gereja,” kata Gereja Inggris, menyiratkat bahwa para pemimpin spiritual dapat memilih untuk tidak memberikan berkat itu.

“Saya tidak berilusi bahwa apa yang kami usulkan hari ini akan tampak terlalu jauh bagi beberapa orang dan tidak cukup jauh bagi orang lain, tetapi harapan saya bahwa apa yang telah kita sepakati akan diterima dalam semangat kemurahan hati, mencari kesamaan yang bagus,” kata Justin Welby, Uskup Agung Canterbury.

Church of England

Photo :
  • BBC.co.uk

Secara terpisah, para uskup Gereja Inggris akan mengeluarkan permintaan maaf akhir pekan ini kepada orang-orang LGBTQI+ atas “penolakan, pengucilan, dan permusuhan” yang mereka hadapi di gereja, menurut pernyataan itu. 

Gereja Inggris, yang didirikan pada 1534, telah terpecah selama bertahun-tahun tentang bagaimana menangani pernikahan sesama jenis, dengan aktivis lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) yang memperjuangkan hak yang sama dengan orang Kristen heteroseksual. 

Berusaha untuk mengatasi masalah yang diperdebatkan, Welby meminta para uskup tahun lalu untuk “berlimpah dalam cinta untuk semua,” bahkan ketika dia mendukung keabsahan resolusi yang dikeluarkan pada tahun 1998 yang menolak “praktik homoseksual tidak sesuai dengan Kitab Suci.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya