Amerika Serikat Tuntut Google Dengan Tuduhan Monopoli Iklan

Google.
Sumber :
  • Getty Images

VIVA Dunia – Departemen Kehakiman dan delapan negara bagian di Amerika Serikat pada hari Selasa pekan ini telah mengajukan gugatan terhadap perusahaan teknologi raksasa Google atas bisnis periklanan digitalnya, mengklaim raksasa teknologi itu secara ilegal memonopoli pasar untuk iklan online.

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia

Ini adalah gugatan antitrust kedua yang diajukan otoritas federal terhadap kerajaan periklanan perusahaan, yang selama bertahun-tahun berada di bawah pengawasan atas tuduhan self-dealing dan mencekik pesaing.

"Selama 15 tahun, Google telah melakukan tindakan anti persaingan yang memungkinkannya menghentikan munculnya teknologi saingan, memanipulasi mekanisme lelang, melindungi diri dari persaingan, dan memaksa pengiklan dan penerbit untuk menggunakan alatnya," kata Jaksa Agung Merrick Garland pada konferensi pers mengumumkan gugatan tersebut, melansir NPR.

Edi Purwanto Paparkan Kinerja DPRD Jambi di Hadapan Wakil Konsul AS

Dalam gugatan setebal 140 halaman yang diajukan di Distrik Timur Virginia, pihak berwenang mengatakan Google melakukan akuisisi untuk meningkatkan divisi periklanannya yang secara efektif memaksa pengiklan dan penerbit untuk menggunakan produk mereka, sehingga merugikan perusahaan periklanan saingan lain.

Ilustrasi Google Adsense.

Photo :
  • U-Report
AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

"Salah satu raksasa industri, Google, telah merusak persaingan yang sah dalam industri teknologi iklan dengan terlibat dalam kampanye sistematis untuk menguasai sebagian besar alat teknologi tinggi yang digunakan oleh penerbit, pengiklan, dan pialang, untuk memfasilitasi periklanan digital," jaksa penuntut menulis dalam gugatan pada hari Selasa.

Departemen Kehakiman juga menarik perhatian pada sesuatu yang telah menjadi duri di sisi banyak penerbit online, yaitu potongan 30% yang diambil untuk semua iklan digital yang ditempatkan melalui bursanya.

"Rata-rata, Google menyimpan setidaknya tiga puluh sen. dan terkadang jauh lebih banyak  dari setiap dolar periklanan yang mengalir dari pengiklan ke penerbit situs web melalui alat teknologi iklan Google," kata gugatan itu.

Itu memaksa 2 juta pengiklan, termasuk bagian dari pemerintah AS, seperti militer, diduga membayar tarif iklan yang lebih tinggi. Menurut gugatan itu, agen dan departemen federal telah membeli lebih dari $100 juta iklan web sejak 2019 yang diduga termasuk "biaya yang sangat kompetitif" dan "harga iklan yang dimanipulasi".

Sementara litigasi diperkirakan akan berlarut-larut untuk beberapa waktu, jaksa penuntut mengambil langkah luar biasa dengan meminta hakim federal untuk memaksa Google memisahkan segmen periklanannya dari perusahaan lainnya. Sekitar 80% pendapatan Google berasal dari bisnis periklanannya.

Ilustrasi Google.

Photo :
  • Pixabay/422737

Bloomberg mencatat bahwa ini menandai pertama kalinya Departemen Kehakiman mengejar pembubaran perusahaan besar sejak 1980, ketika pemerintah federal membongkar bisnis telekomunikasi Bell atas tuduhan bahwa itu adalah monopoli.

Di semua iklan digital AS, Google menguasai sekitar 29% pasar, menurut firma riset Insider Intelligence. Perusahaan induk Facebook, Meta, menguasai hampir 20% dan Amazon adalah pemain terbesar ketiga dalam periklanan online, dengan pangsa pasar 11%.

Dalam sebuah pernyataan, Google mengatakan sektor periklanan memiliki banyak persaingan dan kasus jaksa terhadap raksasa teknologi itu akan membuat pembelian iklan menjadi lebih mahal.

Ilustrasi google

Photo :
  • Promise Keepers Canada

"Gugatan hari ini dari DOJ berupaya untuk memilih pemenang dan pecundang di sektor teknologi periklanan yang sangat kompetitif," kata juru bicara Google. "DOJ menggandakan argumen cacat yang akan memperlambat inovasi, menaikkan biaya iklan, dan mempersulit pertumbuhan ribuan bisnis kecil dan penerbit."

Pihak berwenang menuduh bahwa dunia periklanan online cenderung mendukung Google "untuk alasan yang tidak disengaja atau tidak dapat dihindari."

Misalnya, pada tahun 2017, Google membeli DoubleClick, yang membuat alat periklanan yang banyak digunakan, seharga $3,1 miliar.

Ini memberi Google akses langsung ke inventaris penerbit situs web dan teknologi penayangan iklan yang digunakan oleh penerbit tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya