Pria Bawa Parang Serang 2 Gereja di Spanyol, 1 Tewas Bersimbah Darah

Polisi Spanyol melakukan olah TKP penyerangan gereja di kota Algeciras
Sumber :
  • Nono Rico/Europa Press via AP

VIVA Dunia – Teror serangan di gereja kembali terjadi. Seorang pria yang diduga sebagai pelaku bersenjatakan parang membunuh seorang sexton dan melukai seorang pendeta di dua gereja, di kota Algeciras, Spanyol pada  Rabu, 25 Januari 2023. Hal itu diungkapkan oleh Kementerian Dalam Negeri Spanyol, dan diidentifikasi sebagai tindakan terorisme.

Kisah Eks Napiter Tekun Ikuti Deradikalisasi, Kini Sukses Jadi Pengusaha Mebel

Melansir dari AP, Kamis, 26 Januari 2023, tersangka ditangkap di kota selatan dan berada dalam tahanan Kepolisian Nasional Spanyol.

Serangan dimulai sekitar pukul 19.00 waktu setempat, ketika pria bersenjata itu masuk ke dalam gereja San Isidro dan menyerang seorang pendeta, yang kemudian terluka parah.

Wow Lamine Yamal Beli Tiga Rumah Sekaligus, Untuk Siapa?

Penyerang kemudian pergi ke gereja kedua, Nuestra Señora de La Palma, selama lima menit berjalan kaki. Kemudian dia kembali melanjutkan amukannya dan menyerang sexton..  

Sexton, yang tugasnya mengurus gereja dan pemeliharaannya, melarikan diri ke luar gereja, namun dia tetap mendapat luka bacokan hingga tewas di lapangan.

Cole Palmer Cetak Dua Rekor Baru Meski Inggris Gagal Juara Euro 2024

Balai Kota Algeciras mengatakan penjaga gereja itu bernama Diego Valencia dan pendeta yang terluka itu sebagai Antonio Rodriguez. Balai kota mengatakan dia dirawat di rumah sakit dan dalam kondisi stabil.

Media lokal melaporkan bahwa setidaknya tiga orang lainnya juga mengalami luka-luka.

Pengadilan Nasional Spanyol mengatakan seorang hakim telah membuka penyelidikan atas kemungkinan adanya tindakan terorisme.

Polisi juga sedang menyelidiki insiden itu, untuk menentukan model serangan tersebut. Meski demikian, tidak ada rincian lebih lanjut tentang kemungkinan motif penyerang.

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengungkapkan belasungkawanya terkait penyerangan brutal di dua gereja tersebut.

“Saya ingin menyampaikan belasungkawa yang tulus untuk keluarga sexton yang terbunuh dalam serangan mengerikan di Algeciras,” tulis Sanchez di Twitter.

“Saya juga ingin yang terluka segera pulih.”

Algeciras adalah sebuah kota yang berada di dekat ujung selatan Spanyol, di seberang teluk dari Gibraltar. Tempat Ini adalah rumah bagi pelabuhan penting dengan koneksi feri ke Afrika utara.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya