Militer Amerika Serikat Serang Kandang ISIS di Somalia, Tewaskan Salah Satu Pemimpinnya

Bendera ISIS.
Sumber :
  • CNN Photo

VIVA Dunia – Militer Amerika Serikat berhasil "melenyapkan" sejumlah anggota ISIS, termasuk salah satu pemimpin utama kelompok teroris itu dan 10 rekannya, dalam serangan yang dilakukan Rabu lalu di Somalia utara, Pentagon mengumumkan Kamis 26 Januari 2023.

Ini Isi Pernyataan Lengkap Presiden AS Joe Biden Soal Serangan Iran ke Israel

Pemimpin ISIS tersebut, Bilal al-Sudani, yang merupakan "fasilitator utama untuk jaringan global ISIS," termasuk di antara banyak teroris yang tewas dalam operasi penyerangan tersebut, yang mana diperintahkan oleh Presiden AS Joe Biden, kata Menteri Pertahanan Lloyd Austin dalam sebuah pernyataan.

“Al-Sudani bertanggung jawab untuk mendorong pertumbuhan kehadiran ISIS di Afrika dan untuk mendanai operasi kelompok tersebut di seluruh dunia, termasuk di Afghanistan,” katanya, melansir New York Post. “Tindakan ini membuat Amerika Serikat dan mitranya lebih aman dan terjamin.” 

Joe Biden Kutuk Serangan Iran, AS Tegaskan Dukung Penuh Israel

Bendera ISIS.

Photo :
  • CNN Photo

"Operasi presisi" terjadi di kompleks gua pegunungan di Somalia utara, dan perencanaan penyerangan memakan waktu "berbulan-bulan", menurut pejabat senior administrasi.

Iran Tangkap Anggota Senior ISIS yang Berencana Ledakkan Kota saat Idul Fitri

“Begitu perencanaan mencapai tahap kritis minggu lalu, Departemen Pertahanan memberi tahu operasi itu kepada Presiden,” kata seorang pejabat senior pemerintah kepada wartawan, Kamis.

“Dia mengesahkannya awal pekan ini setelah konsultasi lebih lanjut, termasuk memastikan bahwa pertanyaan kunci yang dia miliki tentang risiko pasukan kami, dan dampak operasi terhadap calon warga sipil di daerah tersebut telah dijawab sesuai keinginannya.” lanjutnya. 

“Selain Sudani, operasi itu menewaskan sekitar 10 rekan ISIS Sudani,” tambah pejabat itu. “Kami telah bersiap untuk kemungkinan menangkap Sudani, tetapi tanggapan pasukan musuh terhadap operasi tersebut mengakibatkan kematiannya.”

Serangan Udara Irak ke Markas Militan ISIS di Pengunungan Hamrin.

Photo :
  • Associated Press

Tidak ada warga sipil atau pasukan Amerika yang terluka parah selama operasi tersebut berlangsung.

Austin memuji "anggota layanan kami yang luar biasa serta komunitas intelijen kami dan mitra antarlembaga lainnya" dengan membawa "operasi kontraterorisme yang sukses."

Sementara militer AS sering berfokus pada pejuang al-Shabaab Somalia, mereka jarang menargetkan anggota ISIS di negara tersebut. Sebagian besar serangan AS terhadap ISIS tahun lalu, terjadi di Suriah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya