Mengerikan, Ternyata India dan Pakistan Hampir Perang Nuklir

VIVA Militer: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo
Sumber :
  • Vox.com

VIVA Dunia – Perang nuklir antara dua negara tetangga, India dan Pakistan, ternyata sempat hampir pecah pada 2019 lalu, sebelum Amerika Serikat mengintervensi. Ketegangan ini terungkap dalam buku bertajuk "Never Give an Inch" karya mantan menteri luar negeri AS, Mike Pompeo, yang diterbitkan pada Selasa, 24 Januari 2022.

Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya

Dalam bukunya, Pompeo menjabarkan berbagai ancamannya selama menjadi menlu, termasuk ketika mengintervensi konflik antara India dan Pakistan sehingga perang pencegahan terhindarkan.

Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo.-(Reuters/Y. Gripas)

Photo :
  • dw
Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

"Saya pikir dunia tak benar-benar tahu bagaimana India-Pakistan sudah sangat dikecualikan terjerumus dalam konflik nuklir pada Februari 2019," tulis Pompeo di buku itu, seperti dikutip dari BBC, Jumat 27 Januari 2023.

Pada Februari 2019, India melancarkan serangan udara ke daerah Pakistan. Mereka menuding kelompok militan Pakistan bertanggung jawab atas bom yang mengalahkan 41 paramiliter India di Kashmir.

Ini Dia Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Bisa Angkut 235 Orang Sekaligus

Pakistan kemudian menembak jatuh pesawat India yang digunakan untuk menyerang negaranya. Mereka juga menangkap pilot pesawat itu. Saat perseteruan pecah, Pompeo saat itu sedang berada di Hanoi untuk mendampingi Presiden Donald Trump bertemu dengan pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un.

Kemudian, Ia tiba-tiba ditelepon oleh seorang pejabat senior India. Pompeo pun terbangun dari tidurnya.

"Ia yakin Pakistan mulai menyiapkan senjata nuklir mereka untuk serangan. Dia mengatakan kepada saya, India juga tengah mempertimbangkan eskalasi mereka sendiri," tulis Pompeo.

Pompo melanjutkan ceritanya, "Saya meminta dia untuk tidak melakukan apa pun dan memberikan kami waktu untuk menanganinya."

Menurut Pompeo, para diplomat AS berhasil meyakinkan India dan Pakistan bahwa tak ada satu pun dari mereka yang sedang menyiapkan serangan nuklir

VIVA Militer : Peta perbatasan Pakistan - India

Photo :
  • usang

"Tidak ada negara lain yang dapat melakukan apa yang kami lakukan malam itu untuk mencegah hasil buruk," tutur Pompeo.

Mantan menlu AS itu menduga Pakistan "kemungkinan mengizinkan" serangan di Kashmir yang mengalahkan paramiliter India itu. Kala itu, Pompeo pun secara publik membela hak India untuk bertindak. Dalam buku itu, Pompeo memang tak sungkan melontarkan puja-puji terhadap India. Ia tak menutup keinginannya untuk bersekutu dengan India "demi melawan agresi China."

Perang nuklir antara India dan Pakistan sendiri sudah lama menyelimuti dunia. Ketakutan itu mulai membayangi sejak 1998, setelah India dan Pakistan menguji coba bom nuklir mereka. Presiden AS saat itu, Bill Clinton, kemudian mengatakan kawasan perbatasan India dan Pakistan, Kashmir, merupakan "tempat paling berbahaya di dunia".

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya