Arkeolog Temukan Mumi Tertua dan Terlengkap Berusia 4.300 Tahun di Mesir

Ilustrasi mumi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Dunia – Sekelompok ahli Mesir telah menemukan sebuah makam Firaun di dekat ibu kota Kairo yang berisi mumi tertua dan terlengkap, yang belum ditemukan di negara itu. Hal itu diungkapkan oleh pemimpin tim penggalian tersebut.

Maroko Masuk dalam 5 Besar Negara Terkaya di Afrika

Mumi berusia 4.300 tahun itu ditemukan di dasar lubang sepanjang 15 meter di kelompok makam dinasti kelima dan keenam yang baru-baru ini ditemukan di dekat Piramida Bertingkat di Saqqara, kata Zahi Hawass, direktur tim kepada wartawan.

Mumi seorang pria bernama Hekashepes, berada di sarkofagus batu kapur yang telah disegel dalam lesung. "Mumi ini mungkin merupakan mumi tertua, dan terlengkap yang ditemukan di Mesir hingga saat ini," kata Hawass, salah satu mantan menteri barang antik Mesir, dalam sebuah pernyataan, dikutip dari The Sundaily, Jumat, 27 Januari 2023.

Kematiannya Dianggap Tak Wajar, Makam Seorang Pria di Garut Dibongkar

Piramida Mesir.

Photo :
  • Pixabay

Di antara makam lain yang ditemukan adalah milik Khnumdjedef, seorang inspektur pejabat, pengawas bangsawan dan seorang pendeta pada masa pemerintahan Unas, firaun terakhir dari dinasti kelima. Makam lain yang ditemukan adalah milik Meri, penjaga rahasia dan asisten pemimpin besar istana.

Polisi Bongkar Makam Pria Diduga Eks Casis Bintara TNI AL yang Dibunuh Serda Adan

Banyak patung ditemukan di antara makam, termasuk satu yang mewakili seorang pria dan istrinya serta beberapa pelayan, kata pernyataan itu.

Angger Dimas saat berada di makam Dante

Angger Dimas Ungkap Alasan Sang Ibunda Dimakamkan Dekat Makam Dante

Angger Dimas mengungkap alasan memakamkan jenazah Tri Rahayu di dekat makam sang buah hati, Dante.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024