10 Negara dengan Miliarder Terbanyak, Amerika Serikat Miliki 975 Miliarder

Ilustrasi kaya-raya.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Dunia – Kekayaan para miliarder dunia berlipat ganda selama sepuluh tahun terakhir ini. Peningkatan ini terjadi melalui pandemi dan krisis biaya hidup sejak 2020. Menurut Direktur Eksekutif Oxfam International, "dekade ini akan menjadi yang terbaik bagi para miliarder. " $26 triliun (63%) dari semua kekayaan baru jatuh ke tangan 1% orang terkaya dan $16 triliun (37%) ke seluruh dunia.

KPK Ungkap Masih Ada 6 Menteri dan 3 Wakil Menteri Jokowi Belum Lapor LHKPN

Dengan kata lain, seorang miliarder memperoleh sekitar $1,7 juta untuk setiap $1 yang diperoleh di antara 90% terbawah. Menurut Bank Dunia, dunia telah menghadapi peningkatan paling signifikan dalam ketidaksetaraan dan kemiskinan global sejak Perang Dunia Kedua.

Setengah dari miliarder dunia tinggal di negara tanpa pajak warisan untuk keturunan langsung, memperoleh pendapatan dari pengembalian aset dan hanya empat sen dari setiap dollar pajak dari pajak atas kekayaan.

Kekayaan Harvey Moeis Suami Sandra Dewi Tak Main-main, Punya Saham Bernilai Triliunan

Peningkatan hingga 5% dalam pajak kekayaan tahunan multi-jutawan dan miliarder dunia (atau menerapkan pajak warisan, pajak properti dan tanah atau pajak kekayaan bersih) akan meningkatkan $1,7 triliun setahun untuk mengangkat 2 miliar orang keluar dari kemiskinan atau menyediakan perawatan kesehatan universal dan perlindungan sosial untuk semua negara berpenghasilan rendah.

Cara Berpikir Para Miliarder

Photo :
  • U-Report
Suami Sandra Dewi Ditetapkan Tersangka, Netizen: Pantesan Gak Pamer Kekayaan Takut Kebongkar

3.311 miliarder saat ini di seluruh dunia memiliki hampir $11,8 triliun kekayaan kolektif yang diperoleh dari bisnis publik dan swasta. Eropa melihat pertumbuhan kekayaan miliarder tertinggi pada tahun 2021 sebesar 22%, dengan kekayaan kolektif mencapai $4,45 triliun.

Bahkan, kekayaan miliarder Afrika tumbuh 16,5% dari tahun ke tahun, secara kolektif mengumpulkan 2 triliun dolar. Inilah sepuluh negara dengan miliarder terbanyak di tahun 2021 menurut Sensus Miliarder Altrata, melansir dari laman Worldatlas.com.

1. Amerika Serikat - 975 Miliarder (Senilai $4,45 Triliun)

Pemilik Twitter Elon Musk.

Photo :
  • Fox Business

AS adalah negara terkaya di dunia, dengan 975 miliarder dan kekayaan kolektif senilai $4,45 triliun . Orang kaya teratas hampir tidak merasakan efek pandemi pada perekonomian lainnya, dengan kekayaan kolektif sebesar $4,56 triliun pada April 2021, hampir dua kali lipat dari 50% terbawah orang Amerika yang memiliki kekayaan $2,62 triliun. 

Di tengah pandemi, resesi, dan goncangan pasar keuangan, 719 miliuner memiliki kekayaan lebih dari 165 juta orang dalam 61 juta rumah tangga (setengah terbawah). Sekitar seperempat orang terkaya di AS tinggal di California , negara bagian dengan ekonomi global terbesar kelima dan rumah bagi Silicon Valley .

Golden State telah memimpin pertumbuhan ekonomi Amerika selama setengah dekade, mengemas lebih banyak kekayaan daripada kebanyakan negara. California adalah negara bagian berpenduduk padat dengan moto "budaya terbuka dan eksperimental" yang menarik para pengusaha. 

Adegan film, kedirgantaraan, dan industri teknologinya yang terkenal di dunia terus berkembang dan memberi, dengan tren kemakmuran bagi negara dan lebih banyak kekayaan dalam ekonomi globalnya. Juga tidak ada sistem atau persyaratan bagi orang Amerika untuk melaporkan total kekayaan mereka kepada pemerintah. 

2. Tiongkok - 514 (Senilai $1,737 Triliun)

Jack Ma pria terkaya di Tiongkok, dulunya seorang guru

Photo :
  • vstory

China mengemas banyak kekayaan dengan 514 miliarder, termasuk 114 miliarder Hong Kong, dengan total kekayaan bersih 1,737 triliun. Menurut Daftar Miliarder Dunia Forbes 2021, jumlah miliarder Tiongkok meningkat lebih dari 60% dari tahun 2000 hingga 2021, sejalan dengan pertumbuhan ekonominya yang mencengangkan dengan PDB per kapita meningkat lebih dari sepuluh kali lipat dan pertumbuhan hampir 50% dalam enam tahun terakhir.

China menunjukkan keistimewaan dengan munculnya miliarder yang tidak pernah terdengar, yang lain bergeser, dan menghilang, tanpa pola yang koheren. Keluarga terkaya Hong Kong tetap masuk dalam daftar sejak 1997, dengan Li dan Lee memimpin kekayaan dengan hampir 70% dari seluruh bisnis real estatnya. 

Banyak orang kaya menemukan surga khususnya di Hong Kong SAR (kawasan administrasi khusus), yang pemerintahnya secara tradisional mengandalkan penawar tertinggi dari lelang tanah untuk mendapatkan pendapatan. 

Ketika Beijing berkuasa pada tahun 1997, ia terus membatasi persaingan dan mendukung taipan yang sama, yang kini mendominasi sektor ekonomi utama ritel dan infrastruktur.

Ekonomi pasar China yang dinamis menggelembung dari pesatnya pertumbuhan infrastruktur teknologi tinggi dan pergeseran prioritas, tetapi dibatasi oleh kegagalan Hong Kong untuk menghasilkan kekayaan baru dan diversifikasi karena kurangnya startup. 

Hong Kong mengklaim sebagai pusat keuangan Asia dan kota dunia yang bercita-cita tinggi, sebuah pernyataan yang sangat diperdebatkan karena keengganan untuk mengeksplorasi mesin pertumbuhan baru. 

Terlepas dari ketidakstabilan yang meningkat karena kurangnya diversifikasi ekonomi, SAR Hong Kong menunjukkan peningkatan bersih miliarder tertinggi di antara kota-kota global dan jumlah terbesar kedua di antara pusat-pusat perkotaan dunia.

China adalah ekonomi kapitalis-sosialis dualistik dengan pemerintah pusat yang solid mengatur melalui kebijakan dinamis top-down. Ini menghargai kewirausahaan dan keterampilan bisnis yang kuat, dengan People's Daily , surat kabar resmi Partai Komunis China, menyatakan bahwa "tidak ada kontradiksi antara mengatur di bawah hukum dan mendukung pembangunan." Volatilitas Cina pada miliarder hanyalah "jejak yang ditinggalkan oleh tangan kuat pemerintah otoriter Cina ."

3. Jerman - 176 (Senilai $602 Miliar)

Miliarder Jerman

Photo :

Meskipun inflasi melonjak, Jerman menempati urutan ketiga dengan 176 miliarder, dan jutawan, terbang sebesar 7,4% sejak tahun lalu, dengan 1,6 juta jutawan saat ini, atau satu dari sekitar 52 orang, untuk sekitar 2% populasi. 

Agen Capgemini menjelaskan kekayaan Jerman yang berkembang dalam menghadapi pandemi karena PDB keseluruhannya yang terus meningkat. Terlepas dari pembatasan pengendalian epidemi federal dan harga properti yang sangat tinggi, banyak orang Jerman menghemat uang dengan menahan pendapatan yang dapat dibuang selama liburan, meninggalkan perjalanan, acara mahal, dan festival. 

Negara berpenghasilan tinggi, dengan tenaga kerja yang kuat menghemat setiap sen, melihat banyak langkah masuk ke dalam kategori jutawan. Dieter Schwarz, miliarder pemilik supermarket murah Lidl, memiliki tahun yang sukses dengan peningkatan kekayaan bersih lebih dari $10 miliar menjadi $47,1 miliar. 

4. India - 166 (Senilai $384 Miliar)

Miliarder India

Photo :

Sejak tahun lalu, peningkatan jumlah miliarder India telah memegang kekayaan kolektif terbesar kelima secara global. Sementara, negara itu telah menderita melalui berbagai krisis, termasuk malnutrisi dan pengangguran, sepuluh orang terkaya di negara itu melipatgandakan kekayaan mereka sejak tahun lalu cukup untuk mendanai pendidikan selama 26 tahun atau menjamin pekerjaan selama 38 tahun di India. 

Orang terkaya adalah Gautam Adani, dengan kekayaan bersih $150 miliar, yang kira-kira dua kali jumlah runner-upnya, Mukesh Ambani. Dari tahun 2012 hingga 2021, 40% kekayaan baru dimiliki oleh 1% populasi dan 3% dari 50 orang terbawah.

Kekayaan miliarder India melonjak sebesar 46% pada tahun 2022, dan pada 16 Januari 2023, 5% orang India memiliki lebih banyak dari 60% kekayaan negara, dan 50 orang terbawah masih memiliki hanya tiga. "Ketidaksetaraan yang cabul" dihasilkan dari tidak adanya pajak progresif,

Orang miskin India menderita selama pandemi, tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup, dengan jumlah orang kelaparan meningkat 160 juta sejak 2018. Enam puluh lima persen kematian di negara itu adalah anak-anak balita. 

India “berada di jalur cepat untuk menjadi negara hanya untuk orang kaya”, di mana Dalit, Adivasis, Muslim, wanita, dan pekerja sektor informal terpinggirkan “dalam sistem yang menjamin kelangsungan hidup orang terkaya.” Pemerintah India mengurangi lembaran pajak perusahaan dari 30% menjadi 22% pada 2019. Sekitar 64% dari total GST berasal dari 50% populasi terbawah tahun lalu, 33% dari 40 tengah, dan 3% dari 10 teratas.

5. Inggris Raya - 120 (Senilai $266 Miliar)

Miliarder Inggris

Photo :

Sir James Ratcliffe adalah orang terkaya di Inggris dengan perkiraan $16,3 miliar, diikuti oleh Michael Platt dengan perkiraan $15,2 miliar. Tidak ada miliarder Inggris baru. Tujuh jatuh, seperti Geeta Gupta-Fisker dari startup kendaraan listrik "Fisker," Matt Moulding dari kecantikan dan protein THG, dan Eddie & Sol Zakay dari real estate Grup Topland. 

Banyak orang super kaya di dunia menyukai tinggal di London, terutama sebagai lokasi kantor pusat bagi pemilik bisnis besar untuk mengembangkan perusahaan mereka. London menarik banyak oligarki India, termasuk yang melakukan penipuan keuangan dan mencari perlindungan, seperti Nirav Modi, Vijay Mallya, dan Lalit Modi. 

Perjanjian ekstradisi antara Inggris dan India melindungi buronan ekonomi dari hukuman penjara yang keras dan upaya pemerintah untuk mempengaruhi badan penyelidik.

Peradilan Inggris mengizinkan Modi untuk tetap tinggal, menyatakan bahwa ekstradisinya cenderung politis. Di antara mereka, miliarder dan penjahat menetap di London dan menjalani kehidupan kaya yang mendapat manfaat dari undang-undang pajak Inggris, tidak adanya regulator keuangan, dan peluang penghindaran uang. 

Lainnya datang untuk pasar perdagangan komoditas Inggris, Sistem Lotere Nasional yang terkenal, dan jalan taruhan olahraga. Terakhir, Inggris menyukai investasi asing dan menawarkan pajak perusahaan terendah.

6. Swiss - 111 (Senilai $365 Miliar)

Miliarder Swiss

Photo :

Pendiri Checkout.com, Guillaume Pousaz, adalah pengusaha teknologi top Eropa paling makmur di Swiss, bernilai sekitar $23 miliar, sementara Stéphane Bonvin, CEO grup real estat Investis, adalah satu-satunya miliarder Swiss baru sejak tahun lalu. 

Miliarder laki-laki asli dan asing kelahiran Swiss, terutama kulit putih, memiliki kekayaan kolektif terbesar keenam di dunia. Beberapa miliarder wanita termasuk ahli waris Heineken Charlene de Carvalho-Heineken, dan Marina Picasso, ahli waris Picasso. 

Banyak imigran Swiss yang datang untuk perpajakan yang menguntungkan secara tradisional memperoleh kewarganegaraan Swiss. Kira-kira dua pertiga dari 50 orang terkaya Swiss berasal dari Jerman, Prancis, Italia, dan Inggris, bersama dengan banyak orang kaya Rusia, Swedia, Belgia, Belanda, dan empat orang Afrika.

Produk buatan Swiss, perumahan mewah, dan pegunungan Alpen menarik ahli waris dan ahli waris kaya raya, dengan hanya sepertiga miliarder yang berasal dari latar belakang kelas menengah yang membangun dari nol. 

Paling kaya tinggal di Jenewa, dengan keluarga yang cukup besar, seperti Theo Müller, dengan sembilan anak. Mereka berasal dari latar belakang yang menarik, termasuk Jorge Lemann, mantan bintang tenis, atau mantan Ketua L'Oréal Lindsay Owen Jones, seorang pembalap mobil. 

Tidak seperti ahli komputer AS, kekayaan orang Swiss keluar dari investasi dan perbankan, pemrosesan makanan dan minuman, obat-obatan, manufaktur, perhotelan, real estat, dan segala sesuatu di antaranya.

7. Rusia - 107 (Senilai $475 Miliar)

Miliarder Rusia

Photo :

Menurut Daftar Miliarder Forbes 2021, miliarder Rusia secara kolektif bernilai $808,06 miliar (US $584 miliar) setelah memperoleh banyak kekayaan selama pandemi. Banyak yang memulai sebagai tipikal pengusaha kaya dengan perusahaan negara yang diprivatisasi yang dijual oleh presiden saat itu Boris Yeltsin untuk mengumpulkan uang tunai dan beralih ke kapitalisme. 

Ini termasuk perusahaan minyak, gas, dan media, yang meraup harga terendah sebelum ekonomi Rusia kembali normal. Miliarder top Rusia saat ini adalah Vladimir Lisin dari NLMK Group, dengan perkiraan kekayaan bersih $18,4 dari produsen produk baja terkemuka. 

Ada 34 miliarder lebih sedikit dari tahun lalu, menyusul melemahnya rubel, jatuhnya penilaian perusahaan, dan hanya dua miliarder baru. Denis Sverdlov memiliki perusahaan kendaraan listrik, sedangkan Egor Kulkov adalah seorang raja farmasi.

Rusia menempati urutan ketujuh dalam jumlah miliarder dan menawarkan kekayaan kolektif terbesar keempat di dunia, meskipun kekayaannya terkena pukulan besar-besaran dari sanksi oleh UE , Inggris, dan AS. Prospek miliarder suram, dengan Barat mengejar elitnya untuk melemahkan negara dan mencegah invasi penuh di Ukraina. 

Orang-orang kaya yang dikenai sanksi dengan ikatan Kremlin menghadapi larangan bepergian dan memiliki aset yang sangat besar dan rentan di Barat. AS berencana untuk membekukan aset oligarki Rusia, melarang orang Amerika terlibat dalam bisnis Rusia dan memotong negara dari sistem keuangan global tanpa akses dolar. Semua bank Rusia mendapat pukulan besar, bersama dengan VEB dan bank militer Rusia, yang dikenai sanksi oleh AS. Jerman dan AS berusaha untuk menghentikan kemajuan jalur pipa Nord Stream 2 dari Rusia ke Jerman .

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya