Biden Cabut Status Darurat COVID-19 pada 11 Mei, Warga AS Malah Resah

Presiden AS Joe Biden menyatakan akan mengakhiri pandemi COVID-19 di AS
Sumber :
  • AP Photo/Susan Walsh

VIVA Dunia – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyampaikan kepada Kongres pada hari Senin, bahwa dia akan mengakhiri keadaan darurat nasional penanganan COVID-19 pada 11 Mei, karena sebagian besar dunia telah kembali mendekati keadaan normal hampir tiga tahun setelah pertama kali diumumkan.

Indonesia Sesalkan Palestina Gagal Jadi Anggota Penuh PBB Karena Veto AS

Langkah untuk mengakhiri darurat nasional dan darurat kesehatan masyarakat akibat COVID-19, akan secara resmi merestrukturisasi respons AS terhadap virus Corona sebagai ancaman endemik terhadap kesehatan masyarakat yang dapat dikelola melalui otoritas normal lembaga.

Itu terjadi ketika anggota parlemen telah mengakhiri elemen darurat yang membuat jutaan orang Amerika diasuransikan selama pandemi. Dikombinasikan dengan penarikan sebagian besar uang bantuan COVID-19 federal, itu juga akan mengalihkan pengembangan vaksin dan perawatan dari manajemen langsung pemerintah federal.

10 Negara Bagian Amerika Serikat dengan Standar Hidup Terburuk, Berjuang Melawan Kemiskinan

Pengumuman Biden datang dalam pernyataan yang menentang resolusi yang digulirkan House Republicans untuk segera mengakhiri keadaan darurat. House Republicans juga bersiap untuk meluncurkan penyelidikan atas tanggapan pemerintah federal terhadap COVID-19.

Sekretaris Layanan Kesehatan dan Kemanusiaan Presiden Donald Trump, Alex Azar mengatakan Presiden Trump pertama kali mengumumkan keadaan darurat kesehatan masyarakat pada 31 Januari 2020, dan Trump kemudian menyatakan pandemi COVID-19 sebagai keadaan darurat nasional pada bulan Maret itu. 

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

Petugas kesehatan melakukan latihan untuk administrasi vaksin COVID-19 di Universitas Kesehatan Indiana di Indianapolis, Indiana, Amerika Serikat, Jumat (11/12/2020).

Photo :
  • (ANTARA/REUTERS/BRYAN WOOLSTON)

Keadaan darurat telah berulang kali diperpanjang oleh Biden sejak dia menjabat pada Januari 2021, dan akan berakhir dalam beberapa bulan mendatang. Gedung Putih mengatakan, Biden berencana untuk memperpanjang keduanya secara singkat hingga berakhir pada 11 Mei.

"Pengakhiran tiba-tiba deklarasi darurat akan menciptakan kekacauan dan ketidakpastian yang luas di seluruh sistem perawatan kesehatan – untuk negara bagian, untuk rumah sakit dan kantor dokter, dan, yang paling penting, untuk puluhan juta orang Amerika," Kantor Manajemen dan Anggaran menulis dalam Pernyataan Kebijakan Administrasi.

Lebih dari 1,1 juta orang di AS telah meninggal akibat COVID-19 sejak 2020, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, termasuk sekitar 3.700 minggu lalu.

Anggaran Perlindungan COVID-19 Berakhir

Kongres telah menumpulkan jangkauan darurat kesehatan masyarakat yang berdampak paling langsung pada orang Amerika, karena seruan politik untuk mengakhiri deklarasi semakin intensif. 

Anggota parlemen telah menolak selama berbulan-bulan untuk memenuhi permintaan administrasi Biden senilai miliaran dolar untuk memperpanjang vaksin dan pengujian COVID gratis. 

Kemudian paket pengeluaran $ 1,7 triliun disahkan tahun lalu dan ditandatangani menjadi undang-undang oleh Biden mengakhiri aturan yang melarang negara bagian mengeluarkan orang dari Medicaid, sebuah langkah yang diperkirakan akan membuat jutaan orang kehilangan perlindungan mereka setelah 1 April.

"Dalam beberapa hal, pemerintahan Biden mengejar apa yang dialami banyak orang di negara ini," kata Larry Levitt, wakil presiden eksekutif untuk kebijakan kesehatan di Kaiser Family Foundation. "Konon, ratusan orang setiap hari masih sekarat karena COVID,"

Namun, beberapa hal akan berubah untuk orang Amerika setelah keadaan darurat berakhir, kata Levitt.

Biaya vaksin COVID-19 juga diperkirakan akan meroket begitu pemerintah berhenti membelinya. Pfizer mengatakan akan membebankan biaya hingga $130 per dosis. Padahal hanya 15% orang Amerika yang telah menerima booster yang direkomendasikan.

Orang dengan asuransi swasta dapat memiliki biaya sendiri untuk vaksin, terutama jika mereka pergi ke penyedia di luar jaringan, kata Levitt. Tes COVID di rumah gratis juga akan berakhir. Dan rumah sakit tidak akan mendapatkan pembayaran tambahan untuk merawat pasien COVID.

Pemerintahan Biden sebelumnya telah mempertimbangkan untuk mengakhiri keadaan darurat tahun lalu, tetapi menunda di tengah kekhawatiran tentang potensi lonjakan kasus COVID-19 pada musim dingin.

Para pejabat mengatakan pemerintah akan menggunakan tiga bulan ke depan untuk masa transisi dan memberikan waktu yang cukup bagi penyedia layanan, asuransi, dan pasien untuk mempersiapkan akhir dari pandemi COVID-19.

"Untuk lebih jelasnya, kelanjutan dari deklarasi darurat ini hingga 11 Mei tidak memberlakukan batasan sama sekali pada perilaku individu terkait COVID-19," kata administrasi. 

"Mereka tidak memberlakukan mandat masker atau mandat vaksin. Mereka tidak membatasi sekolah atau operasi bisnis. Mereka tidak memerlukan penggunaan obat-obatan atau tes apa pun dalam menanggapi kasus COVID-19," sambungnya

Diketaui, jumlah kasus cenderung menurun setelah sedikit lonjakan selama liburan musim dingin. Jumlah tes COVID-19 yang dilaporkan ke pejabat kesehatan masyarakat juga telah menurun tajam.

Pada hari Senin, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengatakan virus corona tetap menjadi darurat kesehatan global, bahkan ketika panel penasehat utama untuk kelompok tersebut menemukan bahwa pandemi mungkin tidak ada.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya