Makin Tegang, Israel Kembali Tembakkan Roket ke Jalur Gaza

VIVA Militer: Sistem rudal pertahanan udara Iron Dome (C-RAM) militer Israel
Sumber :
  • mod.gov.il

VIVA Dunia – Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan bahwa pesawatnya menyerang lokasi produksi senjata dan fasilitas penyimpanan Hamas, sebagai tanggapan atas peluncuran roket Gaza ke Israel selatan, pada Kamis pagi, 2 Februari 2023.

Tak Dapat Izin, Bantuan Kemanusiaan RI untuk Gaza Diterjunkan AU Yordania

Sebagai informasi, roket Gaza menargetkan komunitas Israel selatan, dimulai dengan kota Sderot dan komunitas terdekat Nir Am dan Ibim.

Karena serangan tersebut, pertahanan rudal Iron Dome Israel menembak jatuh roket yang menargetkan Sderot, saat sirene pertama berbunyi pada pukul 02:38 waktu setempat.

Meski Negaranya Tengah Dilanda Aksi Terorisme, Rusia Tetap Kirim 29 Ton Bantuan ke Gaza

Roket ditembakkan dari Gaza menuju Israel usai bentrokan berdarah

Photo :
  • AP Photo/Hatem Moussa

"Sasaran IDF termasuk tempat penyimpanan bahan kimia mentah yang digunakan oleh organisasi teroris untuk memproduksi rudal, kata unit juru bicara militer dalam sebuah tweet, dikutip dari i24News, Kamis, 2 Februari 2023.

Kondisi Tragis di Gaza, FYP Minta Yordania-Mesir Buka Perbatasan untuk Bantuan Kemanusiaan

Peringatan lain datang 10 menit kemudian di Be'eri, sebuah kibbutz hanya beberapa mil dari Jalur Gaza, tetapi lebih jauh ke selatan. Sirene mengikuti sepanjang malam di Kfar Aza di dekatnya. Pada hari Rabu, 1 Februari 2023, roket lain dicegat oleh sistem pertahanan rudal Israel, karena perlakuan terhadap tahanan Palestina yang berada di bawah pengawasan atas peningkatan ketegangan.

Pasukan Israel yang beroperasi di Tepi Barat membuat kelompok teroris Palestina mendapat pukulan keras dalam beberapa pekan terakhir, karena adanya serangan mematikan di Yerusalem. Jumat lalu, militan Palestina menembakkan rentetan roket lain yang ditanggapi dengan serangan udara Israel lainnya.

Seruan internasional untuk mengakhiri eskalasi sejauh ini gagal. Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken juga mendesak kedua pihak untuk membatasi provokasi dalam kunjungan baru-baru ini ke Israel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya