Ingin Bunuh Kafir Karena Radikalisasi, Pelajar Singapura Berusia 18 Tahun Ini Ditangkap

Remaja radikal, Muhammad Irfan Danyal Mohamad Nor
Sumber :
  • Mothership Singapore

VIVA Dunia – Seorang pelajar dari Singapura berusia 18 tahun yang merupakan pendukung Negara Islam atau Islaic State atau ISIS telah ditahan di bawah Undang-Undang Keamanan Dalam Negeri (ISA) Singapura, setelah dia mempertimbangkan rencana untuk menyerang sasarannya, termasuk sebuah kamp tentara dan kuburan di sebuah masjid.

Prabowo Dapat Ucapan Selamat dari Menlu Singapura Atas Kemenangan di Pilpres 2024

Muhammad Irfan Danyal Mohamad Nor meradikalisasi diri sendiri oleh propaganda online dan bermaksud melakukan perjalanan ke luar negeri untuk kekerasan bersenjata.

Dia bertindak sendiri dan tidak ada indikasi dia berhasil merekrut atau meradikalisasi orang lain, kata Departemen Keamanan Dalam Negeri (ISD) dalam rilis media dilansir dari CNA, Kamis, 2 Februari 2023. Irfan, yang ditahan pada bulan Desember, berada di radar pihak berwenang, kata Menteri Dalam Negeri dan Hukum, K Shanmugam. 

Menko Airlangga Bertemu Menlu Singapura, Optimis Kerja Sama Bilateral Kedua Negara Terjalin Kuat

Remaja radikal, Muhammad Irfan Danyal Mohamad Nor

Photo :
  • Mothership Singapore

Siswa yang baru lulus sekolah menengah itu mulai menonton video-video di YouTube pada tahun 2020 oleh pengkhotbah ekstremis asing seperti Zakir Naik, yang dilarang memasuki Singapura sejak 2014. Dia juga berpartisipasi dalam diskusi di platform media sosial di mana dia terpapar propaganda oleh Negara Islam.

Geger Seorang Remaja Alami Hal mengerikan Ini Gegara Ikut Challenge di Sosmed

Pada 9 Agustus tahun lalu, yaitu di Hari Nasional Singapura, Irfan menancapkan bendera buatannya sendiri di Pulau Coney, yang merupakan bendera kelompok teroris yang terkait dengan Al-Qaeda, Hayat Tahrir al-Sham.

Dia mengklaim bahwa tindakan tersebut melambangkan dimulainya kekhalifahannya sendiri, yang dia beri nama “Negara Islam Singhafura”.

Di hari yang sama, dia mengunggah gambar bendera di akun media sosialnya, mendorong orang lain untuk bergabung dengan kekhalifahannya. Pada bulan Oktober, dia yakin akan legitimasi ISIS dan memutuskan untuk pergi ke luar negeri untuk melakukan kekerasan bersenjata. Sebelum berangkat ke luar negeri, Irfan membeli pisau dari minimarket pada Agustus tahun lalu.

Menurut ISD, rencananya adalah untuk menikam dan membunuh orang “kafir” di lorong-lorong gelap dan mengambil barang-barang pribadi mereka sebagai rampasan perang untuk pasukan terorisnya. Kafir, dalam pandangannya, termasuk non-Muslim, Muslim Syiah dan Muslim Sufi.

Irfan juga memiliki rencana aspiratif untuk melakukan serangan massal terhadap Amoy Quee Camp di Ang Mo Kio, di mana markas Korps Kadet Nasional berada.

Terinspirasi dari video bom mobil yang dilakukan kelompok ISIS, Irfan ingin merekrut seorang pelaku bom bunuh diri yang akan melancarkan serangan di gerbang kamp. ISD mengatakan dia bermaksud memimpin pasukannya untuk menyerang penjaga yang tersisa di gerbang menggunakan senjata sederhana seperti kapak dan pisau, dan mencuri senjata api dari pos jaga.

Menanggapi pertanyaan media, Kementerian Pertahanan (MINDEF) mengatakan bahwa Angkatan Bersenjata Singapura (SAF) telah menerapkan "sistem dan tindakan untuk mencegah, mendeteksi, dan menanggapi berbagai ancaman keamanan di kamp kami".

Ada prosedur keamanan yang ketat dan ketat, yang mengatur akses personel ke kamp SAF, dengan pasukan keamanan dan penjaga resimen dikerahkan, dibantu oleh teknologi seperti sistem pengawasan dan sensor tak berawak.

Kepemilikan Muhammad Irfan Danyal Mohamad Nor

Photo :
  • Mothership Singapore

"Petugas kami juga diberi pengarahan tentang potensi ancaman, dan dididik tentang bagaimana mereka harus mewaspadai dan menanggapi aktivitas dan tanda yang mencurigakan, termasuk yang terkait dengan radikalisme dan ekstremisme," kata MINDEF.

Rencana lain yang dipertimbangkan Irfan adalah serangan bom di Keramat Habib Noh, kuburan di Masjid Haji Muhammad Salleh, yang menurutnya “tidak Islami”.

Irfan telah mengunduh manual pembuatan bom secara online, berniat membuat bahan peledak rakitan untuk meratakan kuburan. Pada saat penangkapannya, rencana Irfan terhadap kubu Amoy Quee dan Keramat Habib Noh belum melampaui tahap ide, kata ISD.

Dengan penambahan kasus Irfan, sembilan pemuda do Singapura, yang semuanya berusia kurang dari 20 tahun, telah ditahan atau diberi perintah pembatasan di bawah Undang-Undang Keamanan Dalam Negeri Singapura sejak 2015.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya