AS-India Semakin Perkuat Pertahanan Militer di Tengah Ancaman China

Konflik China, India dan AS.
Sumber :
  • Maps of India

VIVA Dunia – Amerika Serikat (AS) dan India memperkuat kemitraan pertahanan mereka di tengah ancaman yang semakin terasa dari China. Serangkaian langkah itu ditandai dengan kerja sama terbaru antara kedua negara dalam menghadapi China yang semakin tegas.

Wakasal Laksdya TNI Erwin Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke-78 TNI AU

Rencana tersebut muncul setelah pertemuan dua hari di Washington antara pemerintah dan pejabat bisnis dari kedua negara dan mencakup kolaborasi yang lebih besar dalam industri militer dan koordinasi operasional di Indo-Pasifik.

"Kami melakukan kerja sama dalam pengembangan mesin jet dan teknologi amunisi militer," kata pernyataan resmi Gedung Putih, dikutip dari CNN Internasional, Kamis, 2 Februari 2023.

Proyek Kereta Cepat Dilanjutkan Sampai Surabaya, Luhut Bentuk Tim Percepatan dengan China

VIVA Militer: Rudal Balistik Jarak Pendek (SRBM) Angkatan Bersenjata India

Photo :
  • eurasiatimes.com

Secara khusus, pemerintah AS akan mempercepat peninjauan aplikasi oleh pabrikan AS General Electric untuk membangun mesin jet di India untuk digunakan pada pesawat India asli. Secara operasional, militer AS dan India akan berupaya membangun keamanan dan intelijen maritim, kemampuan pengawasan dan pengintaian.

AS Veto Keanggotaan Penuh Palestina di PBB, Mahmoud Abbas Marah

Wakil Menteri Pertahanan AS, Kathleen Hicks, mengatakan kepada Penasihat Keamanan Nasional India, Ajit Doval, bahwa membangun aliansi dan kemitraan adalah prioritas utama AS, Hicks mengatakan membangun kemitraan adalah tujuan utama dari Strategi Pertahanan Nasional AS 2022, yang menyebut China sebagai ancaman multi-ranah yang berkembang.

Sementara AS telah melihat China membangun pasukan militernya di daerah dekat Taiwan dan Jepang, pasukan India juga baru-baru ini bentrok dengan pasukan China di sepanjang Garis Kontrol Aktual, perbatasan yang tidak jelas antara kedua negara di Himalaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya