Kerusuhan Etnis di Kirgiztan, 37 Tewas

Demo rusuh Malaysia
Sumber :
  • AP Photo/Mark Baker

VIVAnews - Kerusuhan etnis terjadi di negara pecahan Uni Soviet, Kirgiztan, Asia Tengah. Dilaporkan, 37 orang tewas dan 500 lainnya mengalami luka-luka.

KPK Cegah Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Usai jadi Tersangka Kasus Korupsi Potongan Insentif

Seperti dilansir Associated Press edisi Jumat 11 Juni 2010, kerusuhan etnis antara minoritas Uzbek dengan Urgyz terjadi di Kota Osh, kota terbesar kedua di negara itu.

Ini merupakan kerusuhan terbesar kedua setelah Presiden Kurmanbek Bakiyev digulingkan dalam pemberontakan berdarah, April lalu dan melarikan diri.

Puluhan gedung terbakar akibat kerusuhan yang berlangsung sejak Kamis malam sebelumnya. Pemuda-pemuda bersenjata dengan menggunakan jeruji besi dan batu menyerang toko-toko. Tak sedikit pula mereka membakar mobil-mobil yang ada di sekitarnya.

Pemerintah mengumumkan keadaan darurat Jumat di Osh. Kendaraan lapis baja, tentara dan helikopter menyebar ke penjuru kota untuk menenangkan situasi. Jam malam pun diberlakukan.

Seorang saksi mata, Ikram Abdumalitov, warga Osh, mengatakan ada sekitar 1.000 pemuda dan pria bersenjata dari etnis Kyrgyz berbaris menuju lingkungan Uzbekistan di Osh Timur.

"Etnis Uzbek yang mengetahui akan adanya serangan itu menebang pohon dan memblokir jalan ke lingkungan mereka," kata Abdumalitov.

Presiden Roza Otunbayeva dalam pidatonya yang emosional di stasiun televisi setempat meminta warga untuk kembali ke tenang.

"Saya ingin berbicara khusus untuk wanita Kirgizstan yang kusayangi. Dalam situasi saat ini, adalah tidak dapat diterima untuk menikmati perasaan dendam dan kemarahan," katanya.

Kirgizstan memiliki pangkalan udara militer AS di Bishkek. Pangkalan ini menjadi pusat pasokan pasukan untuk memerangi Taliban di Afghanistan.

Pemerintah Bakiyev bersumpah untuk menutup pangkalan ini tahun lalu. Namun niat itu urung dilakukan karena akhirnya AS bersedia untuk menaikkan sewa dari US$17 juta menjadi US$63 juta.

Suzuki Jimny di IIMS 2022

Suzuki Jimny di Indonesia Kena Recall karena Masalah Ini, Segera Bawa ke Bengkel Resmi

PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) melakukan penarikan kembali atau recall untuk Suzuki Jimny 3 pintu. Para pemilik Jimny ini pun diwajibkan membawa mobilnya ke bengkel..

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024