Jokowi Bertemu dengan Para Menlu ASEAN, Tekankan 2 Hal Ini

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA Dunia – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyambut para menteri luar negeri ASEAN di Istana Merdeka. Hal ini disampaikan secara langsung oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Jumat, 3 Februari 2023.

Government to Form Special Task Force for Handling Online Gambling

Dalam keterangannya, Menlu Retno menyampaikan bahwa hari ini akan diadakan The ASEAN Foreign Ministers (AMM) untuk membahas isu Myanmar.

"Saya laporkan kepada Bapak Presiden bahwa hari ini dan besok para menteri luar negeri ASEAN akan melakukan serangkaian pertemuan, yang akan membahas mengenai masalah Myanmar," ujar Retno, saat berada di Istana Merdeka.

Terima Menlu China di Istana, Jokowi Bahas IKN hingga Kereta Cepat Sambung Surabaya

Menlu Indonesia Retno Marsudi (Tangkapan Layar dalam Kemkominfo TV)

Photo :
  • vstory

Rangkaian pertemuan Menlu ASEAN ini merupakan pertemuan besar pertama yang dilakukan di bawah keketuaan Indonesia. Dalam pertemuan Presiden RI dengan para Menlu ASEAN, Retno menjelaskan bahwa Jokowi menekankan dua hal penting.

Menlu China Wang Yi Lakukan Pertemuan dengan Menlu Retno, Ini yang Dibahas

"Yang pertama adalah bahwa ASEAN tidak boleh menjadi proxy siapa pun. Di sini Bapak Presiden menekankan pentingnya sentralitas dan kesatuan ASEAN yang perlu dijaga," ujar Retno.

"Yang kedua Bapak Presiden menekankan bahwa ASEAN harus menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di tengah gelapnya proyeksi ekonomi dunia saat ini."

Sebagai informasi, dalam keketuaan Indonesia di ASEAN 2023, pada tanggal 2-3 Februari 2023, akan diadakan pertemuan oleh para Menlu ASEAN yang disebut The Asean Foreign Ministers (AMM).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya