Menlu ASEAN Bahas Soal Myanmar, Perwakilannya Malah Absen

Menlu Retno Marsudi di pertemuan ASEAN
Sumber :
  • Twitter @Menlu_RI

VIVA Dunia – Menteri Luar Negeri RI (Menlu) Retno Marsudi menyambut para Menlu ASEAN dalam pertemuan The Asean Foreign Ministers (AMM), pada Jumat, 3 Februari 2023. Pertemuan AMM hari ini untuk membahas isu Myanmar yang tengah dilanda krisis politik berkepanjangan.

Kembangkan Produk Urea dan Amonia, Pupuk Indonesia Gandeng BUMN Brunei BFI

Pantauan VIVA, terlihat Retno menyambut dan berjabat tangan dengan para menlu ASEAN seperti Menlu Timor Leste, Menlu Thailand, Menlu Malaysia. Namun, dalam acara yang digelar di Gedung Sekretariat ASEAN, tidak ada perwakilan dari Myanmar yang menghadiri acara tersebut.

Padahal, Retno Marsudi sebelumnya mengungkapkan bahwa Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023, akan mengundang perwakilan Myanmar dalam tingkat non-political level.

Kecuali Indonesia, Wakil ASEAN Terseok-seok di Piala Asia U-23: Vietnam Babak Belur

Jenderal Senior Min Aung Hlaing memimpin Peringatan Hari Kemerdekaan Myanmar ke-75.

Photo :
  • AP Photo/Aung Shine Oo.

"Untuk KTT dan pertemuan tingkat menteri luar negeri ASEAN maka perwakilan Myanmar yang diundang adalah pada tingkat non-political level. Jadi undangan tetap ada," kata Retno saat berada di Kantor Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), pada Rabu, 1 Februari 2023.

Prabowo Dapat Ucapan Selamat dari Menlu Singapura Atas Kemenangan di Pilpres 2024

Dalam pertemuan tingkat Menlu ASEAN ini, Retno menyebut bahwa Myanmar menjadi isu yang akan dibahas. Hal itu diungkapkan Retno saat bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

"Saya laporkan kepada Bapak Presiden bahwa hari ini dan besok (Sabtu) para menteri luar negeri ASEAN akan melakukan pertemuan, yang akan membahas mengenai Myanmar," tutupnya. 

Selain itu, dalam pertemuan tingkat Menlu ASEAN ini, untuk pertama kalinya Timor Leste hadir diundang dan hadir dalam pertemuan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya