Dirjen ASEAN: Masalah Myanmar Sangat Kompleks Bukan Pekerjaan Dalam Semalam

Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Sidharto R. Suryodipuro.
Sumber :
  • VIVA/Natania Longdong.

VIVA Dunia – Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN, Sidharto R. Suryodipuro, mengatakan bahwa pertemuan para menteri luar negeri ASEAN membahas isu Myanmar yang sangat kompleks. 

Menlu Retno Marsudi Temui Wapres Klarifikasi soal Isu RI Akan Normalisasi Diplomatik Israel

Menurutnya, isu Myanmar tidak dapat dikerjakan dalam waktu semalam, dan membutuhkan proses untuk dapat menyelesaikan persoalan yang ada.

"Pekerjaan tentang Myanmar itu bukan pekerjaan dalam semalam, besok pagi langsung jadi. Tapi merupakan suatu proses. Yang terjadi selama 2 tahun di Myanmar harus dibantu penyelesaiannya," kata Sidharto kepada wartawan, Jumat, 3 Februari 2023.

Klaim Tangkis 99 Persen Serangan Rudal dan Drone Iran, Pakar Militer Sebut Israel Halu

Polisi di Myanmar menerjang barikade para demonstran kecam junta militer

Photo :
  • Twitter @AungMyo4

Dia juga menyebut bahwa fokus Indonesia sebagai ketua dalam Keketuaan ASEAN 2023, adalah untuk menjalin komunikasi dengan semua pihak.

Italia Desak Israel untuk Menahan Diri Setelah Serangan Iran, Serukan Gencatan Senjata di Gaza

"Fokus Indonesia sebagai ketua adalah menjalin komunikasi dengan semua pihak, dalam rangka mendorong penghentian kekerasan, supaya tercipta kondisi bagi proses dialog yang inklusif, dan juga penyaluran bantuan kemanusiaan," ujarnya.

Sebagai informasi, pertemuan para Menlu ASEAN diadakan pada 3-4 Februari 2023. Pertemuan hari ini berfokus pada masalah politik di Myanmar yang berkepanjangan sejak kudeta junta militer pada Februari 2021. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya