Kanada Jatuhkan Sanksi kepada Rusia, Moskow Janjikan Aksi Balasan

PM Kanada Justin Trudeau.
Sumber :
  • ANTARA/REUTERS/Jennifer Gauthier/tm

VIVA Dunia – Pemerintah Kanada, pada Jumat 3 Februari 2023, menjatuhkan sanksi terhadap 38 individu dan 16 lembaga yang dianggapnya "terlibat dalam menyebarkan disinformasi dan propaganda Rusia", yang langsung menuai janji aksi balasan dari Moskow.

Rusia Makin Gencar Menyerang, AS Janji Secepatnya Akan Kirim Senjata ke Ukraina

Mereka yang dikenai sanksi mencakup grup media milik negara Rusia MIA Rossiya Segodnya dan penyanyi Nikolai Baskov, yang tampil di konser properang di Moskow, demikian menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri.

"Perang Presiden Vladimir Putin di Ukraina berdasarkan pada kebohongan dan siasat. Operasi disinformasi Rusia membuat para selebritas dan apa yang disebut organisasi berita menggemakan poin pembicaraan Kremlin dan upaya untuk membenarkan kekejaman yang terjadi di seluruh Ukraina," katanya.

Houthi Tuding Arab Saudi hingga Rusia, China dan Iran Mulai Satukan Kekuatan

Ilustrasi bendera Rusia.

Photo :
  • ANTARA FOTO

Kanada, salah satu pendukung internasional Ukraina paling vokal, telah menjatuhkan sanksi kepada hampir 4.000 orang dan lembaga dari dan di negara Rusia, Ukraina dan Belarusia sejak 2014. Duta Besar Rusia untuk Kanada Oleg Stepanov mengatakan Moskow akan menanggapi sanksi tersebut dengan cara timbal balik.

Serang Israel, Uni Eropa Bakal Jatuhi Iran Sanksi

"Kami akan merespons setiap aksi tak bersahabat dari otoritas Kanada saat ini, yang kami sesali," katanya kepada Kantor Berita Rusia RIA. (Ant/Antara)

Sekjen PBB Antonio Guterres berbicara pada Sidang Majelis Umum PBB di New York.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Keistimewaan berupa hak veto yang dimiliki oleh lima negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB ini memiliki dampak besar dalam keputusan penting di tingkat internasional.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024