Mantan PM Israel: Putin Berjanji Tidak Akan Bunuh Zelensky

Perdana Menteri baru Israel, Naftali Bennett.
Sumber :
  • Twitter/Naftali Bennett.

VIVA Dunia – Mantan Perdana Menteri Israel Naftali Bennett muncul sebagai mediator pada awal perang Rusia dengan Ukraina berkecamuk, dan dia mendapati janji dari Presiden Rusia Vladimir Putin untuk tidak akan membunuh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Putin Resmi Dilantik Jadi Presiden Rusia, Lanjut Menjabat 6 Tahun Lagi

Kemunculan Bennett sebagai perantara yang tidak terduga dalam minggu-minggu pertama perang, menjadi salah satu dari sedikit pemimpin Barat yang bertemu dengan Presiden Vladimir Putin dalam perjalanan singkatnya ke Moskow Maret 2022 lalu.
 
Namun demikian, upaya mediasi Bennett tampaknya tidak banyak membantu untuk mengakhiri pertumpahan darah yang berlanjut hingga hari ini. 

Dalam sebuah wawancara yang diposting online Sabtu malam, Bennett menjelaskan diplomasi ruang belakang dan upaya mendesak yang sedang dilakukan untuk mencoba membawa konflik ke penyelesaian yang cepat.  

Israel Bombardir Rafah, Puluhan Warga Gaza Tewas

Dalam wawancara lima jam, yang menyentuh banyak topik lain, Bennett mengatakan dia bertanya kepada Putin tentang apakah dia bermaksud membunuh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

"Saya bertanya 'ada apa dengan ini? Apakah Anda berencana untuk membunuh Zelensky?" Dia berkata, "Saya tidak akan membunuh Zelensky,". 

AS dan Israel Kembali Berdiskusi Tentang Evakuasi di Gaza Selatan

Presiden Rusia Vladimir Putin

Photo :
  • Kremlin Pool Photo via AP

"Saya kemudian berkata kepadanya, "Saya harus mengerti bahwa Anda berjanji bahwa Anda tidak akan membunuh Zelensky." Dia berkata, "Saya 'Saya tidak akan membunuh Zelensky,"

Bennett mengatakan dia kemudian menelepon Zelenskyy untuk memberi tahu dia tentang janji Putin.

"Dengar, aku keluar dari rapat, dia (Putin) tidak akan membunuhmu.' Dia bertanya, 'apakah kamu yakin?' Aku berkata '100 persen dia tidak akan membunuhmu," kata Bennett kepada Zelenskyy

Bennett mengatakan bahwa selama mediasinya, Putin membatalkan sumpahnya untuk mengusahakan pelucutan senjata Ukraina dan Zelenskyy berjanji untuk tidak bergabung dengan NATO.

Tidak ada tanggapan langsung dari Kremlin, yang sebelumnya membantah klaim Ukraina bahwa Rusia berniat membunuh Zelenskyy.

Menanggapi komentar Bennett dalam wawancaranya yang dilaporkan secara luas, Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba menulis pada hari Minggu di Twitter bahwa Putin tidak dapat dipercaya.

"Jangan tertipu: Dia ahli pembohong. Setiap kali dia berjanji untuk tidak melakukan sesuatu, itu sudah menjadi bagian dari rencananya," kata Kuleba tentang pemimpin Rusia itu.

Bennett, seorang pemimpin yang telah menjabat sebagai perdana menteri selama lebih dari enam bulan ketika perang pecah, secara tak terduga mendorong dirinya ke dalam diplomasi internasional setelah dia menempatkan Israel di jalan tengah yang tidak nyaman antara Rusia dan Ukraina. 

Israel memandang hubungan baiknya dengan Kremlin sebagai hal yang strategis dalam menghadapi ancaman dari Iran, tetapi Israel bersekutu dengan negara-negara Barat dan juga berusaha menunjukkan dukungan untuk Ukraina. 

Dikenal sebagai seorang Yahudi yang jeli dan sedikit dikenal secara internasional, dia terbang ke Moskow untuk pertemuannya dengan Putin Maret 2022 lalu, dan menempatkan dirinya di garis depan upaya global untuk menghentikan perang.

Tetapi upaya perdamaiannya tampaknya tidak berhasil dan masa kekuasaannya berumur pendek. Pemerintah Bennett runtuh pada musim panas karena pertikaian. Bennett menjauh dari politik dan sekarang menjadi warga negara biasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya