10 Negara Ikut Terguncang Akibat Gempa Turki Magnitudo 7,8

Gempa bumi M 7,8 mengguncang Turki, Senin, 6/2
Sumber :
  • AP Graphics

VIVA Dunia – Gempa berkekuatan magnitudo 7,8 yang berpusat di Turki, telah memporak-porandakan kota Ankara. Sejumlah gedung juga kabarkan runtuh di negara itu.

Sepak Terjang Netzah Yehuda, Batalion Tempur Israel yang 'Digebuk' AS

Selain Turki, gempa tersebut juga dirasakan di seluruh bagian Israel pada Senin pagi, 6 Februari 2023, dan mendesak penduduk Tel Aviv untuk keluar rumah, serta menyebabkan kerusakan parah di beberapa tempat lain.

Meski demikian, tidak ada laporan tentang cedera atau kerusakan di Israel dari gempa berkekuatan 7,8 skala richter, yang berpusat sekitar 23 kilometer (14 mil) timur Nurdagi, Turki, menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

Ancaman Mengerikan dari Presiden Iran Jika Israel Lakukan Hal Ini

Bangunan runtuh akibat gempa magnitudo 7,8 yang mengguncang Turki

Photo :
  • Radio Apna NZ

Tercatat pada kedalaman 17,9 kilometer dan terjadi pada pukul 3:17 pagi di Israel. Gempa susulan kuat 6,7 dan 5,6 skala richter juga mengguncang tanah Turki lagi beberapa saat setelah gempa awal, dengan laporan bahwa gempa tersebut juga dirasakan di Israel.

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

Melansir dari Times of Israel, Senin, 6 Februari 2023, selain Israel, gempa itu juga dirasakan di Siprus, Suriah, Lebanon, Yunani, Yordania, Irak, Rumania, Georgia, dan Mesir, menurut Pusat Seismologi Eropa-Mediterania.

Badan Penanggulangan Bencana dan Darurat Turki (AFAD) mengatakan gempa tersebut berpusat di kota Pazarcik, di provinsi Kahramanmaras.

Beberapa bangunan runtuh di provinsi Malatya, Diyarbakir dan Malatya, lapor televisi HaberTurk. Dan sejauh ini tidak ada laporan segera mengenai adanya korban gempa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya