111 Orang di Suriah Tewas Akibat Gempa M 7,8 di Turki

Gedung runtuh akibat gempa M 7,8 yang mengguncang Turki
Sumber :
  • Depo Photos via AP

VIVA Dunia – Ratusan orang tewas dalam gempa berkekuatan Magnitudo 7,8 di Turki. Korban tewas tersebut banyak juga yang berasal dari negara yang berbatasan langsung dengan Turki seperti Suriah yang berada di sebelah tenggara Turki. Setidaknya ada 111 korban tewas di Suriah akibat gempa bumi di Turki.

Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

Dalam keterangan kementerian kesehatan Suriah, disebutkan bahwa gempa telah merenggut nyawa warga Suriah. "Lebih dari 100 orang telah tewas di bagian Suriah yang dikuasai pemerintah," kata kementerian kesehatan Suriah dalam sebuah pernyataan sebagaimana dikutip dari Al Jazeera, Senin, 6 Februari 2023.

"516 cedera dan 111 kematian tercatat di provinsi Aleppo, Latakia, Hama dan Tartus," kata kementerian itu lebih lanjut. 

2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

Petugas berusaha menjangkau warga yang terjebak di bangunan akibat gempa Turki.

Photo :
  • (AP Photo/Mahmut Bozarsan.

Salah satu sekutu dekat Turki yakni Amerika Serikat (AS), mengucapkan duka cita yang mendalam atas tragedi tersebut, dan mengatakan bahwa Washington siap memberikan bantuan apapun yang dibutuhkan Ankara.

Terkuak, Motif Pembunuhan Wanita Open BO di Pulau Pari

"Amerika Serikat telah menyatakan keprihatinan mendalam atas laporan gempa bumi yang merusak di Turki dan Suriah dan siap untuk memberikan semua bantuan yang dibutuhkan," kata Gedung Putih.

Presiden AS Joe Biden kini telah mengarahkan badan-badan pemerintah untuk memberikan bantuan pada mereka yang paling terkena dampak atas kejadian tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mengatakan gempa berkekuatan magnitudo 7,8  mengguncang Turki pada Senin, 6 Februari 2022. Gempa terjadi pada pukul 04:17 waktu setempat, di kedalaman 17,9 km (11 mil) di dekat kota Gaziantep.

Gedung runtuh akibat gempa M 7,8 yang mengguncang Turki

Photo :
  • Twitter

Melansir dari BBC Internasional, Gempa tersebut dirasakan di ibu kota Ankara dan kota-kota lainnya, serta dirasakan di seluruh wilayah Turki. Laporan mengenai gempa itu mengatakan bahwa beberapa bangunan runtuh, dan sejumlah orang mungkin terjebak dalam runtuhan puing-puing bangunan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya