Korban Tewas Akibat Gempa 7,8 SR di Turki dan Suriah Bertambah Jadi 360 Orang

Petugas berusaha menjangkau warga yang terjebak di bangunan akibat gempa Turki.
Sumber :
  • (AP Photo/Mahmut Bozarsan.

VIVA Dunia – Korban meninggal dunia akibat gempa berkekuatan 7,8 skala richter yang melanda Turki bagian selatan dan Suriah bagian utara, bertambah menjadi 360 orang, pada Senin pagi, 6 Februari 2023. 

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Gempa tersebut merobohkan bangunan dan membuat orang-orang tertimpa bangunan sehingga proses pencarian korban selamat di reruntuhan gedung menjadi cukup sulit. Selain korban tewas, korban luka-luka juga dikonfirmasi mencapai ratusan orang.

Melansir dari AP, Senin, 6 Februari 2023, saat gempa terjadi di kedua sisi perbatasan, penduduk tersentak dari tidurnya oleh getaran hebat dari gempa tersebut. 

Jenderal Zahedi Tewas Dibunuh Israel, Iran Tarik Pasukan dari Suriah

Gempa diketahui terjadi sekitar pukul 04.00 pagi, beberapa jam sebelum fajar. Puluhan bangunan runtuh di kota-kota di seluruh wilayah perbatasan.

Gempa Turki

Photo :
  • Daily Mail
27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

Petugas penyelamat dan penduduk dengan panik mencari korban selamat di bawah puing-puing bangunan yang hancur di beberapa kota perbatasan tersebut.

Di kota Adana, Turki, para saksi mengatakan mereka mendengar seseorang meminta bantuan dari bawah reruntuhan bangunan. "Saya tidak punya kekuatan untuk melanjutkan," ujar orang itu.

Lebih jauh ke timur di Diyarbakir, derek dan tim penyelamat bekerja di gedung beton yang dulunya merupakan gedung apartemen.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, tim pencarian dan penyelamatan segera dikirim ke daerah yang dilanda gempa.

Gedung runtuh akibat gempa M 7,8 yang mengguncang Turki

Photo :
  • Depo Photos via AP

"Tim pencarian dan penyelamatan segera berada di daerah yang dilanda gempa," katanya dalam Twitter.

“Kami berharap dapat melewati bencana ini bersama-sama secepat mungkin dan dengan kerusakan yang paling sedikit,” tulisnya.

Badan Manajemen Bencana dan Darurat Turki mengatakan sedikitnya 76 orang di tujuh provinsi Turki tewas. Badan itu juga mengatakan 440 orang terluka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya