Warga Irak Demo Keselamatan Wanita Setelah Youtuber 22 Tahun Mati Dicekik Ayahnya Sendiri

Protes terjadi di Iran mengenai UU kekerasan wanita dalam rumah tangga
Sumber :
  • Al Jazeera

VIVA Dunia – Warga Irak memprotes untuk menuntut undang-undang yang melarang kekerasan dalam rumah tangga, beberapa hari setelah seorang YouTuber dicekik oleh ayahnya dalam pembunuhan yang memicu kemarahan warga. 

Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

Tiba Al-Ali yang berusia 22 tahun dibunuh oleh ayahnya pada 31 Januari 2023 di provinsi selatan Diwaniyah, kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri Saad Maan, menambahkan ada upaya untuk menengahi antara wanita muda itu dan kerabatnya untuk menyelesaikan “perselisihan keluarga,”

Sang ayah kemudian menyerahkan diri kepada polisi dan mengaku membunuh putrinya.

Merinding, Beredar Gambar yang Diduga Penampakan Seorang Youtuber Cantik Swafoto dengan Setan

Protes terjadi di Iran mengenai UU kekerasan wanita dalam rumah tangga

Photo :
  • Jordan Times

dilansir dari Al Jazaeera, Al-Ali telah tinggal di Turki sejak 2017 dan mengunjungi Irak ketika dia terbunuh. Di Turki, dia mendapatkan pengikut di YouTube, memposting video kehidupan sehari-harinya di mana tunangannya sering muncul.

2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

Rekaman telah dibagikan di media sosial oleh seorang teman al-Ali dan diambil oleh para aktivis, dilaporkan percakapan dengan ayahnya, yang marah karena dia tinggal di Turki. Dalam rekaman tersebut, dia juga menuduh kakaknya melakukan pelecehan seksual kepadanya. 

Pada hari Minggu, pasukan keamanan mencegah puluhan orang berdemonstrasi di luar Dewan Peradilan Tertinggi negara itu, dan mereka malah berkumpul di jalan menuju gedung.

Beberapa memegang plakat bertuliskan "Berhenti membunuh wanita" dan "Pembunuh Tiba harus dimintai pertanggungjawaban".

“Kami menuntut undang-undang untuk melindungi perempuan, terutama undang-undang yang melarang kekerasan dalam rumah tangga,” kata pengunjuk rasa Rose Hamid, 22 tahun. “Kami datang ke sini untuk memprotes pembunuhan Tiba dan melawan yang lainnya. Siapa yang akan menjadi korban berikutnya?”

Protes terjadi di Iran mengenai UU kekerasan wanita dalam rumah tangga

Photo :
  • Al Jazeera

Pengunjuk rasa Israa al-Salman, yang menginginkan ayah al-Ali dieksekusi karena kejahatan tersebut, mengatakan, "Siapa pun yang ingin menyingkirkan seorang wanita menuduhnya mempermalukan martabatnya dan membunuhnya."

Sampai saat ini, tidak ada hukum di Irak yang mengkriminalkan kekerasan dalam rumah tangga. Rancangan undang-undang kekerasan dalam rumah tangga pertama kali diperkenalkan ke parlemen pada tahun 2014, tetapi kemajuan terhenti di tengah oposisi politik yang meluas dari legislator yang percaya itu akan "mengikis tatanan sosial Irak."

Demo tambahan kemungkinan akan terjadi di seluruh Irak, khususnya di Baghdad, Nasiriyah, Diwaniyah, dan Basra.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya