Prancis hingga Ukraina Siap Kirimkan Bantuan untuk Turki yang Dilanda Gempa Hebat

Bangunan runtuh akibat gempa magnitudo 7,8 yang mengguncang Turki
Sumber :
  • Radio Apna NZ

VIVA Dunia – Beberapa negara telah menyuarakan dukungan mereka untuk Turki dan Suriah dengan menawarkan kiriman bantuan setelah gempa berkekuatan 7,8 Skala Richter (SR) dan menewaskan ratusan orang melanda kedua negara, mulai dari Prancis hingga Ukraina

Terpopuler: Negara Tanpa Malam hingga Olahraga Ringan Setelah Lebaran

Presiden Prancis Emmanuel Macron diketahui mengatakan bahwa negaranya siap memberikan bantuan darurat kepada Turki dan Suriah. Hal itu dikatakan Macron melalui cuitan di akun Twitter-nya. 

Terpopuler: Deretan Negara Bantu Israel, Pendeta Gilbert Dilarang ke Makassar hingga Iran Diserang

"Kami menerima gambar-gambar mengerikan dari Turki dan Suriah setelah gempa bumi dengan kekuatan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Prancis siap memberikan bantuan darurat kepada penduduk di lapangan. Duka kami bersama keluarga yang berduka,” kata Presiden Prancis melalui akunnya @EmmanuelMacron, dikutip pada Senin, 6 Februari 2023. 

Begitu juga dengan Menteri Luar Negeri Prancis, Catherine Colonna yang mengatakan bahwa dia telah mengirimkan "belasungkawa yang tulus" kepada timpalannya dari Turki Mevlut Cavusoglu, negaranya dan rakyatnya. 

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB

"Prancis ada di pihak mereka," katanya, dilansir dari Alarabiya News

Selain itu, Kanselir Jerman Olaf Scholz juga menjanjikan bantuan kepada kedua negara menyusul berita dari berita yang mengagetkannya itu, seperti yang dikatakan melalui Twitter-nya. 

“Kami mengikuti berita gempa bumi di wilayah perbatasan Turki-Suriah dengan kaget,” kata Scholz di Twitter. “Jerman tentu saja akan mengirim bantuan.”

Sebelumnya, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan bahwa negaranya siap memberikan bantuan yang diperlukan kepada warga Turki yang "bersahabat" setelah terjadi gempa hebat. 

“Terkejut dengan berita kematian dan luka ratusan orang akibat gempa bumi di Turki,” kata Zelenskyy di Twitter.

“Kami menyampaikan belasungkawa kami kepada keluarga korban dan berharap yang terluka segera pulih. Kami saat ini dekat dengan orang-orang Turki yang ramah, siap memberikan bantuan yang diperlukan,” tulisnya lagi.

Secara terpisah, Israel juga menyatakan niatnya untuk membantu Turki dalam menghadapi bencana gempa tersebut. Menteri Pertahanan Yoav Gallant mengatakan pasukan keamanan Israel siap memberikan bantuan yang dibutuhkan. Sementara, Menteri Luar Negeri Eli Cohen mengatakan program bantuan cepat juga sedang dipersiapkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya