WNI Korban Luka Akibat Gempa Turki Bertambah Jadi 10 Orang

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Natania Longdong

VIVA Dunia – Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah memastikan, 10 orang warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Turki mengalami luka-luka. Sejauh ini tidak terdapat korban meninggal dunia dari WNI dalam peristiwa gempa dahsyat berkekuatan 7,8 skala richter yang melanda negara tersebut.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

"Sepuluh orang WNI luka-luka, 4 orang menjalani perawatan di rumah sakit, 6 orang dievakuasi," kata Faizasyah saat konferensi pers di Kementerian Luar Negeri RI, Selasa, 7 Februari 2023.

Sebelumnya, Direktur Perlindungan WNI Kemlu RI Judha Nugraha menegaskan bahwa Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Ankara telah berkoordinasi dengan otoritas, satgas perlindungan WNI dan PPI di sekitar lokasi kejadian. 

Viral Imam Masjid di Turki Ajak Main Anak-anak di Masjid, Warganet: di Indo Mah Boro-boro

Gedung runtuh akibat gempa M 7,8 yang mengguncang Turki

Photo :
  • Depo Photos via AP

Sejumlah WNI di Kahramanmaras juga harus meninggalkan apartemen mereka karena mengalami kerusakan parah. "KBRI Ankara sedang mengupayakan rumah penampungan sementara sambil menumggu penanganan otoritas setempat," ujarnya.

Gencarkan Promosi, Langkah Sandiaga Pulihkan Pariwisata Gunung Ruang usai Erupsi

Sebagai informasi, sejauh ini sekitar 6.500 WNI yang terdata tinggal di seluruh Turki. Dari jumlah tersebut sekitar 500 orang tinggal di daerah gempa dan sekitarnya. 

Sebagian lainnya, WNI yang berada di Turki berstatus pelajar dan mahasiswa, serta sebagian WNI diketahui menikah dengan warga setempat, dan menjadi pekerja di organisasi internasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya