Kehancuran Masif, Ini Penjelasan Ahli Sains soal Dampak Gempa Turki

Gempa di Turki
Sumber :
  • npr.org

VIVA Dunia – Gempa besar berkekuatan 7,8 SR diikuti oleh gempa kuat lainnya menghancurkan sebagian besar wilayah Turki dan Suriah pada Senin pagi. Gempa kuat lainnya, berkekuatan 7,5, melanda Turki sembilan jam setelah guncangan utama. Ribuan korban tewas.

Dewan Keamanan PBB Dikritik karena Gagal Tegakkan Resolusi saat Serangan di Gaza Meningkat

Meskipun para ilmuwan sedang mempelajari apakah itu gempa susulan, mereka sepakat bahwa kedua gempa tersebut saling berkaitan. Para peneliti mengatakan gempa itu adalah gempa strike-slip, di mana dua lempeng tektonik meluncur satu sama lain secara horizontal.

Bumi terbagi menjadi bagian-bagian yang berbeda, "Seperti teka-teki gambar," kata Eric Sandvol, seismolog di University of Missouri, melansir AP.

Gunung Ruang Erupsi Tim SAR Susuri Pesisir Laut Kepulauan Sitaro Evakuasi Warga Tertinggal

Gempa bumi M 7,8 mengguncang Turki, Senin, 6/2

Photo :
  • AP Graphics

Potongan-potongan itu bertemu di garis patahan, di mana lempeng-lempeng itu biasanya bergesekan satu sama lain secara perlahan. Tapi begitu ketegangan cukup menumpuk, mereka dapat saling berpapasan dengan cepat, melepaskan energi dalam jumlah besar.

Erdogan: Selama Masih Hidup, Saya Akan Terus Bela Perjuangan Palestina

Dalam hal ini, satu lempeng bergerak ke barat sementara yang lain bergerak ke timur, menyentak satu sama lain untuk menciptakan gempa, kata Hatem. Seiring waktu, gempa susulan akan mulai mereda dan menjadi lebih jarang, jelas Sandvol.

Gempa tersebut terjadi di daerah seismik aktif yang dikenal sebagai zona sesar Anatolia Timur, yang telah menghasilkan gempa bumi yang merusak di masa lalu. “Hampir seluruh Turki benar-benar aktif secara seismik,” kata Sandvol. “Ini bukan sesuatu yang baru bagi negara ini.”

Turki juga pernah dilanda gempa besar lainnya pada Januari 2020, meski berkekuatanlebih “kecil”,  6,7 yang menyebabkan kerusakan signifikan di bagian timur negara itu. Pada tahun 1999, gempa berkekuatan 7,4 melanda dekat Istanbul dan menewaskan sekitar 18.000 orang.

Mengapa Efek Gempa Bumi Tersebut Sangat Masif?

Gempa itu sangat dahsyat, terutama untuk gempa yang melanda daratan. Biasanya, gempa bumi yang sangat kuat terjadi di bawah air, kata Margarita Segou, seismolog dari British Geological Survey.

Selain itu, gempa tersebut melanda di daerah dengan penduduk yang padat. Pusat gempa berada di dekat Gaziantep, kota besar dan ibu kota provinsi di Turki. Daerah yang terkena dampak juga merupakan rumah bagi bangunan yang rentan, kata Kishor Jaiswal, seorang insinyur struktur USGS.

Sementara gedung-gedung baru di kota-kota seperti Istanbul dirancang dengan mempertimbangkan standar gempa modern, daerah Turki selatan ini memiliki banyak bangunan tinggi yang lebih tua, kata Jaiswal. Di antara bangunan yang hancur adalah Kastil Gaziantep, bangunan bersejarah yang telah berdiri selama lebih dari 2.000 tahun.

Gempa Turki

Photo :
  • Daily Mail

Konstruksi cepat hancur di Suriah, ditambah perang bertahun-tahun, mungkin juga membuat struktur bangunan rentan, kata para peneliti.

Para pejabat melaporkan ribuan bangunan runtuh setelah gempa. Itu termasuk runtuhnya "panekuk", di mana lantai atas sebuah bangunan jatuh langsung ke lantai bawah, tanda bahwa bangunan tidak dapat menyerap goncangan, kata Jaiswal.

"Ini adalah tingkat kehancuran dan kehancuran mengerikan yang kita perkirakan akan terjadi" ketika gempa kuat melanda wilayah dengan bangunan yang belum ditopang, kata Ilan Kelman, pakar bencana dan kesehatan di University College London.

Upaya penyelamatan terhambat oleh suhudingin dan jalanan yang ham[pir beku serta kemacetan lalu lintas dari penduduk yang berusaha meninggalkan daerah yang dilanda gempa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya