Gempa Turki Picu Kebakaran di Pelabuhan Iskenderun, Ratusan Kontainer Hangus

Kontainer di pelabuhan kota Iskenderun, Turki, terbakar akibat gempa
Sumber :
  • AP Photo/Hussein Malla

VIVA Dunia – Ratusan kontainer kargo terbakar selama dua hari, pada Selasa, 7 Februari 2023, di pelabuhan selatan Turki yang dilanda gempa berkekuatan 7,8 skala richter. Gambar tersebut ditunjukan oleh TV lokal di negara tersebut.

Gunung Ruang Erupsi Tim SAR Susuri Pesisir Laut Kepulauan Sitaro Evakuasi Warga Tertinggal

Kobaran api di pelabuhan internasional Iskenderun telah berkobar sejak pukul 17:00, pada Senin, 6 Februari 2023, ketika salah satu kontainernya terguling akibat gempa susulan yang cukup kuat.

Gambar yang disiarkan oleh saluran berita NTV menunjukkan kepulan asap hitam tebal mengepul dari kontainer.

Erdogan: Selama Masih Hidup, Saya Akan Terus Bela Perjuangan Palestina

Sementara itu, vdeo lainnya menunjukkan upaya yang gagal untuk memadamkan api tersebut pada Senin malam.

Dilansir dari The Sundaily, Rabu, 8 Februari 2023, dalam gambar yang dibagikan, buntalan asap menyerupai tornado, sementara di gambar lain, ratusan kontainer terjatuh akibat kebakaran tersebut.

Tersambar Petir, Bangunan Saung Bambu Mang Eking di Tangerang Terbakar

Kontainer di pelabuhan kota Iskenderun, Turki, terbakar akibat gempa

Photo :
  • Serdar Ozsoy/Depo Photos via AP

Sebagai tanggapan atas kejadian tersebut, otoritas Turki telah mengirim kapal penjaga pantai untuk membantu memadamkan api di pelabuhan di provinsi Hatay.

Sealand, sebuah divisi dari perusahaan pelayaran peti kemas Maersk, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kerusakan signifikan telah terjadi pada infrastruktur logistik dan transportasi di sekitar pusat gempa Pazarcik, Kahramanmaras, termasuk di Pelabuhan Iskenderun.

Ditambahkan bahwa semua operasinya akan dihentikan di pelabuhan sampai pemberitahuan lebih lanjut akibat kerusakan struktural yang parah.

Perusahaan mengatakan akan mengalihkan kargo ke pelabuhan lain, termasuk pelabuhan Mersin terdekat.

Hatay, di perbatasan Suriah, adalah salah satu provinsi Turki yang terkena dampak paling parah. Menurut Wakil Presiden Fuat Oktay mengatakan bahwa 872 orang tewas di Hatay akibat gempa tersebut.

Pipa Gas Meledak

Sebelumnya salah satu akun Twitter membagikan sebuah video yang memperlihatkan sebuah pipa gas di Turki meledak dan apinya menyebar ke ladang-ladang, buntut dari gempa hebat berkekuatan 7,8 skala richter, yang terjadi pada Minggu, 5 Februari 2023.

Akun Twitter @Lerpc75 membagikan sebuah video yang menampilkan kobaran api. Dalam penjelasannya, dia menulis bahwa api tersebut berasal dari pipa gas yang meledak akibat gempa hebat di Turki.

"Pipa gas alam di dataran Amik di Hatay meledak karena kekuatan gempa. Api menyebar ke ladang-ladang," tulisnya, yang dilihat VIVA pada Senin, 6 Februari 2023.

Turki telah dilanda gempa hebat berkekuatan 7,8 skala richter. Gempa tersebut juga dilaporkan telah meruntuhkan beberapa gedung di negara tersebut.

Selain Turki, beberapa negara juga turut merasakan gempa yang sama akibat gempa hebat yang terjadi di Ankara, seperti Siprus, Israel, Suriah, Lebanon, Yunani, Yordania, Irak, Rumania, Georgia, dan Mesir.  

Sejauh ini, 7.800 orang dilaporkan meninggal dunia akibat gempa Turki dan Suriah. Di Turki, sebanyak 5.894 orang dipastikan tewas, dan 1.932 orang tewas di Suriah dengan total 7.826 kematian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya