Jokowi Pastikan Indonesia Kirim Bantuan Bagi Korban Gempa Turki Secepatnya

Gempa Bumi berkekuatan 7,8 skala richter yang mengguncang sebagian besar Turki dan Suriah, pada Senin pagi, 6 Februari 2023.
Sumber :
  • AP Photo.

VIVA Dunia – Pemerintah Indonesia bakal segera menyalurkan bantuan kemanusiaan ke Turki, demi membantu para korban gempa di negara tersebut.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo memastikan, saat ini sejumlah kementerian seperti misalnya Kementerian Sosial, Kementerian Luar Negeri, dan Kementerian Pertahanan, tengah berkoordinasi untuk menyiapkan bantuan yang akan dikirim ke negerinya Presiden Recep Tayyip Erdogan itu.

"Bantuan sedang disiapkan oleh Menteri Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, dan juga oleh Kemensos. Segera dikirim secepatnya," kata Presiden Jokowi dalam telekonfrensi di Youtube Sekretariat Presiden, dikutip Rabu, 8 Februari 2023.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Presiden Jokowi beri keterangan pers di Istana Merdeka Jakarta

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Sebagai informasi, Duta Besar RI untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal, sebelumnya telah menyampaikan bahwa bantuan kemanusiaan tahap satu untuk membantu korban terdampak gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,8, yang mengguncang bagian selatan Turki, sudah disalurkan pada Senin, 6 Februari 2023 kemarin.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Paket bantuan itu terdiri dari satu kontainer bahan makanan, yang akan diserahkan oleh Dubes Iqbal bersama tim KBRI Ankara yang sedang dalam perjalanan menuju Gaziantep, sekitar enam jam perjalanan darat dari Ankara.

"Saat ini saya bersama tim KBRI sedang bergerak menuju Gaziantep, untuk memberikan bantuan kemanusiaan berupa satu kontainer bahan makanan dari pemerintah Indonesia untuk diserahkan kepada Bulan Sabit Merah Turki (organisasi kemanusiaan Turki)," kata Dubes Iqbal dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Selasa, 7 Februari 2023.

Gempa bumi dahsyat bermagnitudo 7,8 mengguncang Turki pada pada Senin 6 Februari 2023.

Photo :
  • AP Photo/Hussein Malla.

Iqbal menyebut, bahan makanan yang dikirim adalah makanan-makanan instan disertai dengan kompor gas portable, beserta tabung gas. Selain makanan, tim KBRI Ankara juga telah menyiapkan sekitar 300 selimut untuk para WNI yang memilih tetap tinggal di rumah penampungan.

Diketahui, ribuan orang dikabarkan tewas dan puluhan ribu lainnya luka-luka, pada 10 provinsi di Turki akibat dua gempa besar yang mengguncang wilayah selatan negara itu pada hari Senin, 6 Februari 2023.

Pada Senin pagi, gempa berkekuatan magnitudo 7,7 melanda distrik Pazarcik di provinsi Kahramanmaras dan mengguncang hebat sejumlah provinsi lain, termasuk Gaziantep, Sanliurfa, Diyarbakir, Adana, Adiyaman, Malatya, Ormaniye, Hatay dan Kilis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya