Korban Tewas Gempa Turki-Suriah Terus Bertambah, Tembus 12 Ribu Jiwa

Gempa bumi dahsyat bermagnitudo 7,8 mengguncang Turki pada pada Senin 6 Februari 2023.
Sumber :
  • AP Photo/Hussein Malla.

VIVA Dunia – Korban gempa di Turki kembali bertambah pada Kamis, 9 Februari 2023, menjadi lebih dari 12.000 jiwa, setelah ratusan gedung di wilayah perbatasan negara itu hancur akibat gempa berkekuatan 7,8 skala richter. Melansir dari The Guardian, Kamis, 9 Februari 2023, Jumlah orang yang tewas di Turki dan Suriah setelah gempa bumi telah meningkat menjadi setidaknya 12.049.

Balap Liar Maut di Bekasi, Pemotor Cewek Tewas Tertabrak

Pertahanan sipil Suriah mengatakan sedikitnya 2.992 orang tewas, dan lebih dari 2.850 orang terluka, di barat laut Suriah. Sebelumnya, Recep Tayyip Erdo?an, presiden Turki, mengatakan jumlah korban di negaranya telah meningkat menjadi 9.057.

Pemadam kebakaran mengevakusi mayat korban gempa di Gaziantep, Turki.

Photo :
  • AP Photo/Kamran Jebreili.
Kronologi 3 Anggota Keluarga Tercebur ke Sumur, 1 Meninggal Dunia

Selain itu, Erdogan juga sempat melakukan peninjauan ke beberapa tempat penampungan di Kahramanmaras yang terkena dampak paling parah, di mana orang-orang terpaksa meninggalkan rumah mereka akibat gempa tersebut. Dia mengakui adanya kekurangan dalam tanggapan atas bencana itu, tetapi dia juga bersumpah tidak akan meninggalkan warga Turki.

Negara-negara di seluruh dunia juga turut mengirim tim untuk membantu upaya penyelamatan, tetapi upaya penyelamatan mereka terhambat oleh suhu yang sangat dingin. Sejauh ini terjadi hampir 200 gempa susulan, yang membuat pencarian menjadi tidak stabil.

Kendarai Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Truk 

Petugas berusaha menjangkau warga yang terjebak di bangunan akibat gempa Turki.

Photo :
  • (AP Photo/Mahmut Bozarsan.

Di seberang provinsi Hatay, tepat di barat daya pusat gempa, para pejabat mengatakan sebanyak 1.500 bangunan hancur dan banyak orang melaporkan kerabat mereka terperangkap di bawah reruntuhan tanpa bantuan atau tim penyelamat tiba.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya