Presiden Ukraina Zelensky Kunjungi Inggris, Bertemu Raja Charles dan PM Rishi Sunak

Volodymyr Zelensky bertemu dengan PM Inggris Rishi Sunak
Sumber :
  • BBC.co.uk

VIVA Dunia – Diam-diam, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky berangkat menggunjungi Inggris. Pada kesempatan itu, ia bertemu dengan Raja Charles dan Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak. Raja Charles menyambut Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ke Istana Buckingham pada Rabu 8 Februari 2023 waktu setempat, dalam pertemuan yang disebut Zelensky "benar-benar istimewa".

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Dalam pidatonya di Westminster Hall menjelang pertemuan, Zelensky berkata, "Hari ini saya mendapat kehormatan untuk diterima oleh Yang Mulia Raja. Ini akan menjadi momen yang sangat spesial bagi saya, bagi negara kita,” ujarnya, melansir BBC

Dia melanjutkan, "Secara khusus karena saya akan menyampaikan kepadanya dari semua orang Ukraina kata-kata terima kasih atas dukungan yang ditunjukkan oleh Yang Mulia kepada mereka ketika dia masih menjadi Pangeran Wales. Saya juga bermaksud untuk mengatakan kepadanya sesuatu yang menurut saya sangat, sangat, sangat penting, tidak hanya untuk masa depan Ukraina tetapi juga untuk masa depan Eropa. Di Inggris, Raja adalah pilot angkatan udara dan di Ukraina saat ini, setiap pilot angkatan udara adalah raja."

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Volodymyr Zelensky bertemu dengan raja Charles di Inggris

Photo :
  • BBC.co.uk

Zelensky menyimpulkan, "Tuhan memberkati Inggris Raya dan panjang umur Raja."

Range Rover EV Siap Meluncur, Fitur Berlimpah untuk Semua Medan Jalan

Ini adalah pertama kalinya Zelensky dan Raja Charles bertemu, meskipun Presiden Ukraina tersebut telah bertemu dengan Pangeran William dan Kate Middleton pada Oktober 2020. Ini adalah kunjungan pertama Zelensky ke Inggris sejak invasi perang Rusia-Ukraina.

Ketika Zelensky tiba di Istana, Charles mengatakan kepadanya, "Kami semua sudah lama mengkhawatirkanmu dan memikirkan negaramu, aku tidak bisa memberitahumu." Dalam pertemuan mereka, di ruang tahun 1844, keduanya minum teh dan membahas konflik di Ukraina.

Volodymyr Zelensky bertemu dengan PM Inggris Rishi Sunak

Photo :
  • BBC.co.uk

Meskipun Charles belum pernah bertemu Zelensky secara pribadi sebelum hari ini, raja Inggris baru tersebut telah terbuka tentang dukungannya untuk Ukraina sejak perang pecah. Pada Maret 2022, “mantan” Pangeran Wales saat itu menggambarkan invasi Rusia ke Ukraina sebagai "agresi brutal", dan mengunjungi Katedral Katolik Ukraina di London untuk menawarkan dukungan bagi komunitas tersebut.

Baru bulan lalu, Charles dan Permaisuri Camilla bertemu dengan Asosiasi Ukraina di Inggris Raya yang tinggal di Bolton. Yaroslaw Tymchyshyn, yang menghadiri pertemuan itu, mengatakan Kota & Negara bahwa Raja dan Permaisuri "benar-benar luar biasa dalam dukungan mereka, seluruh keluarga kerajaan (memberi dukungan untuk Ukraina)."

Volodymyr Zelensky bertemu dengan PM Inggris Rishi Sunak

Photo :
  • BBC.co.uk

Dalam kunjungannya, Zelensky juga bertemu dengan PM Rishi Sunak. Keduanya mengadakan konferensi pers pada Rabu malam saat Zelensky melanjutkan kunjungan bersejarahnya ke Inggris.

Zelensky dan Sunak tiba dengan helikopter di Kamp Lulworth pada bagian terakhir dari kunjungan kejutan pemimpin Ukraina tersebut ke Inggris.

Para pemimpin menjawab pertanyaan dari wartawan setelah bertemu dengan pasukan Ukraina yang dilatih oleh Angkatan Darat Inggris di sebuah pangkalan di Dorset. Sunak mengatakan pada konferensi pers bersama bahwa tank Challenger 2 Inggris akan beroperasi di Ukraina bulan depan. Dia mengatakan, senjata canggih akan segera membuat perbedaan di medan perang Ukraina. Zelensky pula mengatakan hubungan Kyiv dengan Inggris telah mencapai "tingkat baru". "Sangat jelas bahwa kami berdiri bersama dengan Inggris Raya," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya