Presiden Erdogan Kena Kritik Warganya, Dinilai Lambat Tanggapi Bencana Gempa Turki

VIVA Militer: Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan
Sumber :
  • theguardian.com

VIVA Dunia – Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan menghadapi kritik yang semakin meningkat dari warga yang frustrasi karena lambatnya tanggapan dari tim penyelamat Turki, karena harapan semakin berkurang bahwa lebih banyak korban selamat akan ditemukan.

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

Melansir Al Jazeera, banyak orang Turki mengeluhkan kurangnya peralatan, keahlian, dan dukungan untuk membantu mereka yang terjebak di reruntuhan, membuat mereka tidak berdaya ketika mendengar tangisan dari bawah reruntuhan.

Namun, ia membela tanggapan pemerintahnya terhadap dua bencana gempa bumi yang besar tersebut, dengan mengatakan tidak mungkin untuk mempersiapkan skala bencana sebesar itu.

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Gempa Bumi berkekuatan 7,8 skala richter yang mengguncang sebagian besar Turki dan Suriah, pada Senin pagi, 6 Februari 2023.

Photo :
  • AP Photo.

Setidaknya 15.000 orang dipastikan tewas di Turki dan Suriah utara.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Kritikus mengklaim tanggapan layanan darurat terlalu lambat dan pemerintah kurang siap. Erdogan menerima bahwa pemerintah telah menghadapi beberapa masalah, tetapi mengatakan situasinya sekarang terlah "terkendali".

Namun, pemimpin partai oposisi utama Turki, Kemal Kilicdaroglu tidak setuju."Jika ada satu orang yang bertanggung jawab untuk ini, itu adalah Erdogan," katanya. 

Namun, Erdogan menolak tuduhan itu dan mengatakan persatuan diperlukan saat bencana, "Dalam periode seperti ini, saya tidak bisa membiarkan orang melakukan kampanye negatif untuk kepentingan politik," katanya kepada wartawan di Hatay.

Ribuan orang yang selamat menghabiskan malam ketiga dalam kondisi kedinginan, dengan harapan memudar bagi banyak orang yang terjebak di bawah reruntuhan.

Seorang pejabat Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO telah memperingatkan kemungkinan ada cedera signifikan yang disebabkan oleh suhu beku di antara korban gempa yang selamat. "Kami memiliki banyak orang yang selamat sekarang di tempat terbuka, dalam kondisi yang memburuk dan mengerikan," kata manajer insiden tanggap gempa WHO Robert Holden pada hari Rabu.

"Kita berada dalam bahaya nyata melihat bencana sekunder yang dapat membahayakan lebih banyak orang daripada bencana awal jika kita tidak bergerak dengan kecepatan dan intensitas yang sama seperti yang kita lakukan dalam pencarian dan penyelamatan."

Di dekat Suriah, upaya bantuan diperumit oleh konflik bertahun-tahun yang telah menghancurkan infrastruktur negara. Persimpangan Bab al-Hawa antara Turki dan Suriah telah ditutup sejak gempa karena jalan rusak parah.

Sementara, seorang pejabat senior PBB mengatakan jalan itu akan segera dapat diakses, Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu menegaskan bahwa negara itu sedang bekerja untuk membuka dua gerbang perbatasan lagi untuk membantu mendapatkan bantuan ke Turki.

VIVA Militer: Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan

Photo :
  • bloomberg.com

“Ada beberapa kesulitan dalam hal bantuan Turki dan masyarakat internasional [mencapai Suriah]. Untuk alasan ini, upaya dilakukan untuk membuka dua gerbang perbatasan lagi,” katanya.

Uni Eropa telah mengkonfirmasi akan mengirim €3,5 juta (£3,1 juta) bantuan ke Suriah menyusul permintaan bantuan dari pemerintah, tetapi mengatakan bahwa bantuan tersebut harus dikirim ke daerah yang dikuasai pemerintah dan pemberontak.

Lebih dari 1.500 orang telah tewas di provinsi Idlib saja dan seorang penasihat Presiden Suriah Bashar al-Assad mengatakan sanksi menghentikan Suriah dari menerima bantuan yang dibutuhkan.

"Kami tidak memiliki cukup buldoser, kami tidak memiliki derek yang cukup, kami tidak memiliki cukup minyak karena sanksi Eropa dan Amerika," kata Bouthaina Shabban.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya