Jet Tempur AS Tembak Jatuh Benda Asing Seukuran Mobil di Langit Alaska

F-22 Raptor.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Dunia – Jet tempur militer AS menembak jatuh objek tak dikenal yang terbang di lepas pantai utara Alaska pada Jumat waktu setempat, 10 Februari 2023. Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan penembakan objek asing di Alaska atas perintah Presiden AS Joe Biden.

Palestina Kecam Veto AS yang Menghalangi Upaya Keanggotaan Penuh PBB

Kirby menerangkan objek itu jatuh karena terbang di ketinggian sekitar 40.000 kaki (13.000 meter) dan menimbulkan ancaman terhadap keselamatan penerbangan sipil, bukan karena aksi mata-mata. Diketahui, pesawat komersial dan jet pribadi dapat terbang setinggi 45.000 kaki (13.700 meter).

Ditanya tentang jatuhnya objek asing di Alaska, Presiden Biden pada hari Jumat hanya mengatakan bahwa "Itu sukses"

AS Ngaku Sudah Tahu Israel Akan Serang Iran, Tapi Tidak Setuju

Kirby menggambarkan objek itu kira-kira seukuran mobil kecil, jauh lebih kecil dari balon mata-mata China yang diduga besar yang dijatuhkan oleh jet tempur Angkatan Udara AS, pada Sabtu lalu di lepas pantai Carolina Selatan, setelah terlihat transit di situs militer sensitif di seluruh benua AS.

Penembakan objek asing yang terjadi dalam waktu yang begitu dekat mencerminkan kekhawatiran yang meningkat atas program pengawasan China dan tekanan publik pada Biden untuk mengambil sikap tegas terhadapnya. 

Rupiah Amblas ke Rp 16.270 per Dolar AS Pagi Ini

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih AS John Kirby

Photo :
  • AP Photo/Susan Walsh

Namun, ada beberapa jawaban tentang objek tak dikenal yang jatuh pada hari Jumat. Gedung Putih membuat perbedaan antara kedua peristiwa tersebut. Pejabat belum dapat memastikan apakah objek terbaru berisi peralatan pengawasan, dari mana asalnya atau apa tujuannya.

Pentagon pada hari Jumat menolak untuk memberikan deskripsi yang lebih tepat tentang objek tersebut, hanya mengatakan bahwa pilot AS yang terbang untuk mengamatinya menentukan bahwa objek tersebut tampaknya tidak berawak. 

Para pejabat mengatakan objek itu jauh lebih kecil dari balon minggu lalu, tampaknya tidak dapat bermanuver dan terbang di ketinggian yang jauh lebih rendah.

Kirby menyatakan bahwa Presiden Biden berdasarkan saran dari Pentagon, percaya hal itu cukup menimbulkan kekhawatiran untuk menembaknya dari langit - terutama karena potensi risiko terhadap pesawat sipil.

"Kami akan tetap waspada dengan wilayah udara kami," kata Kirby. "Presiden mengambil kewajibannya untuk melindungi kepentingan keamanan nasional kami sebagai yang terpenting," 

Presiden diberi pengarahan tentang keberadaan objek tersebut Kamis malam, setelah dua jet tempur mengawasinya.

Jenderal Pat Ryder, sekretaris pers Pentagon, mengatakan kepada wartawan hari Jumat bahwa sebuah pesawat tempur F-22 yang berbasis di Pangkalan Gabungan Elmendorf-Richardson di Alaska menembak jatuh objek tersebut menggunakan rudal udara-ke-udara jarak pendek AIM-9X, jenis yang sama yang digunakan untuk menurunkan balon hampir seminggu yang lalu.

Benda itu terbang di atas salah satu tempat paling terpencil di negara itu. Beberapa kota menandai Lereng Utara Alaska, dengan dua wilayah yang berdekatan yakni Deadhorse dan Kaktovik yang berpenduduk sekitar 300 orang. 

Di wilayah tersebut terdapat ladang minyak Teluk Prudhoe, ladang minyak terbesar di Amerika Serikat.

Tidak seperti balon mata-mata yang dicurigai, yang jatuh dan penduduk AS dapat menyaksikan eksekusi itu di langit, namun kemungkinan hanya sedikit orang yang melihat objek ini mengingat kondisi dingin yang terik di Alaska utara sepanjang tahun ini, karena hanya ada sedikit orang di luar untuk periode waktu yang lama.

Jatuh di Perairan Beku

Menjelang penembakan, Administrasi Penerbangan Federal membatasi penerbangan di area sekitar 10 mil persegi (26 kilometer persegi) di dalam wilayah udara AS di Bullen Point Alaska, tempat bekas stasiun radar Angkatan Udara AS di Laut Beaufort sekitar 130 mil (210 kilometer) dari perbatasan Kanada, di dalam Lingkaran Arktik.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan dalam sebuah tweet pada hari Jumat bahwa dia telah diberi pengarahan dan mendukung keputusan tersebut. "Dinas militer dan intelijen kami akan selalu bekerja sama," katanya.

Benda itu jatuh ke perairan beku dan para pejabat berharap mereka dapat memulihkan puing-puing lebih cepat daripada balon mata-mata minggu lalu. 

Ryder mengatakan objek itu bergerak ke timur laut ketika ditembak jatuh. Dia mengatakan beberapa helikopter militer AS telah dikerahkan untuk memulai upaya pemulihan.

Jumat malam, Pentagon mengatakan "Pemulihan terjadi dalam campuran es dan salju. Unit-unit yang berlokasi di Alaska di bawah arahan Komando Utara AS, bersama dengan Garda Nasional Alaska, terlibat dalam respons," 

Objek tak dikenal itu ditembak jatuh di daerah dengan kondisi cuaca dingin pada siang hari. Suhu siang hari pada hari Jumat sekitar minus 17 derajat Fahrenheit (27 derajat Celcius).

Setelah objek terdeteksi Kamis, NORAD — Komando Pertahanan Ruang Angkasa Amerika Utara — mengirim F-35 untuk mengamatinya, kata seorang pejabat AS, menambahkan bahwa militer menanyakan lembaga pemerintah AS untuk memastikan benda itu bukan milik mereka, serta meyakini bahwa itu bukan aset pemerintah atau militer AS. 

Pejabat itu tidak berwenang untuk berbicara secara terbuka tentang masalah keamanan nasional yang sensitif dan berbicara tanpa menyebut nama.

Objek diketahui jauh lebih kecil daripada balon mata-mata China yang dicurigai. Tapi ada risiko ketika menjatuhkannya di darat, jadi keputusan dibuat untuk menembak jatuh di atas air jika memungkinkan.  

Sebelumnya, Presiden Joe Biden mengeluarkan perintah menembak balon mata-mata China lebih awal. Dia diberi tahu bahwa waktu terbaik untuk operasi adalah saat di atas air. Pejabat militer menetapkan bahwa menjatuhkannya di darat dari ketinggian 60.000 kaki akan menimbulkan risiko yang tidak semestinya bagi orang-orang di darat.

Balon itu adalah bagian dari program pengawasan besar yang telah dilakukan China selama "beberapa tahun", kata Pentagon. AS mengatakan balon China telah terbang di puluhan negara di lima benua dalam beberapa tahun terakhir, dan belajar lebih banyak tentang program balon setelah memantau dengan cermat satu yang ditembak jatuh di dekat South Carolina.

China menjawab bahwa pihaknya berhak untuk "mengambil tindakan lebih lanjut" dan mengkritik AS karena "reaksi berlebihan yang jelas dan pelanggaran serius terhadap praktik internasional."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya