Banyak Penipu yang Gunakan Gempa Turki Untuk Dapatkan Uang Donasi

Tim penyelamat membawa jenazah korban dari reruntuhan gedung akibat gempa Turki
Sumber :
  • AP Photo/Francisco Seco

VIVA Dunia – Banyak penipu menggunakan bencana gempa Turki dan Suriah untuk mencoba mengelabui orang agar menyumbang untuk tujuan palsu, ujar pakar keamanan Turki, memperingatkan.

Waspada Penipuan Kerja Paruh Waktu yang Marak di Shopee

Penipuan ini mengklaim mengumpulkan uang untuk para penyintas, yang dibiarkan tanpa penghangat atau air setelah bencana yang telah menewaskan lebih dari 35.000 orang pada Senin pekan lalu. Namun alih-alih membantu mereka yang membutuhkan, para penipu itu menyalurkan donasi dari badan amal nyata, dan ke akun PayPal dan dompet cryptocurrency mereka sendiri, melansir BBC.

Pihak keamanan telah mengidentifikasi beberapa metode utama yang digunakan oleh penipu, contohnya seperti menggunakan media sosial TikTok. Di TikTok Live, pembuat konten dapat menghasilkan uang dengan menerima hadiah digital. Sekarang, akun TikTok memposting foto kehancuran, rekaman loop, dan rekaman TV yang menunjukkan upaya penyelamatan, sambil meminta sumbangan.

Viral Motor Matik Diisi Minyak Kayu Putih Campur Bensin, Ini Kata Pakar

Banyak Penipu yang Gunakan Gempa Turki Untuk Dapatkan Uang Donasi

Photo :
  • BBC.co.uk

Teks menyertakan frasa seperti "Ayo bantu Turki", "Berdoa untuk Turki", dan "Berdonasi untuk korban gempa".

Geger Seorang Remaja Alami Hal mengerikan Ini Gegara Ikut Challenge di Sosmed

Satu akun, yang tayang selama lebih dari tiga jam, menunjukkan gambar udara berpiksel dari bangunan yang hancur, disertai dengan efek suara ledakan. Di luar kamera, suara laki-laki tertawa dan berbicara dalam bahasa Mandarin. Judul videonya adalah "Ayo bantu Turki. Donasi".

Video lain memperlihatkan gambar seorang anak yang tertekan lari dari ledakan. Pesan tuan rumah streaming langsung adalah "Tolong bantu mencapai tujuan ini", permohonan yang jelas untuk membuat orang menyumbang hadiah TikTok.

Tetapi, setelah di cek fakta lapangan, foto anak itu bukan dari gempa bumi Turki minggu lalu. Pencarian gambar menemukan gambar yang sama telah diposting di Twitter pada tahun 2018 dengan judul "Hentikan Genosida Afrin", mengacu pada sebuah kota di Suriah barat laut tempat pasukan Turki dan sekutu mereka di oposisi Suriah menggulingkan milisi Kurdi pada tahun itu.

Banyak Penipu yang Gunakan Gempa Turki Untuk Dapatkan Uang Donasi

Photo :
  • BBC.co.uk

Peringatan lain tentang pemberian hadiah di TikTok, BBC menemukan bahwa TikTok menghabiskan hingga 70% dari hasil hadiah digital, meskipun TikTok mengatakan uang yang dibutuhkan kurang dari itu.

Seorang juru bicara TikTok mengatakan, "Kami sangat sedih dengan gempa bumi dahsyat di Turki dan Suriah dan berkontribusi untuk membantu upaya bantuan gempa. Kami juga secara aktif bekerja untuk mencegah orang menipu dan menyesatkan anggota komunitas yang ingin membantu," ujarnya, melansir BBC.

Di Twitter, orang-orang berbagi gambar emosional di samping tautan ke dompet mata uang kripto yang meminta sumbangan. Satu akun memposting permohonan yang sama delapan kali dalam 12 jam, dengan gambar seorang petugas pemadam kebakaran menggendong seorang anak kecil di tengah bangunan yang runtuh.
Namun, gambar yang digunakan tidak nyata. Surat kabar Yunani OEMA melaporkan bahwa itu dibuat oleh Mayor Jenderal pemadam kebakaran Aegean Panagiotis Kotridis menggunakan perangkat lunak Kecerdasan Buatan (AI) Midjourney.

Salah satu contohnya adalah @TurkeyRelief, yang bergabung dengan Twitter pada bulan Januari, hanya memiliki 31 pengikut, dan mempromosikan donasi melalui PayPal. Akun PayPal sejauh ini telah menerima donasi sebesar US$900. Tapi itu termasuk $500 dari pembuat halaman, yang menyumbang untuk tujuan mereka sendiri. Mr Sharma mengatakan ini adalah "untuk membuat penggalangan dana tampak asli".

Banyak Penipu yang Gunakan Gempa Turki Untuk Dapatkan Uang Donasi

Photo :
  • BBC.co.uk

Itu salah satu dari lebih dari 100 penggalangan dana diluncurkan di PayPal dalam beberapa hari terakhir meminta sumbangan untuk mendukung mereka yang terkena dampak gempa bumi, beberapa di antaranya palsu.

Axe Sharma, pakar keamanan dunia maya di Sonatype mengatakan para pendonor harus sangat berhati-hati terhadap akun yang mengatakan bahwa mereka berada di Turki, karena PayPal belum beroperasi di Turki sejak 2016.

"Ada badan amal nyata di luar Turki yang menggunakan PayPal, tetapi ketika penggalang dana ini mengatakan mereka berada di Turki, itu adalah tanda bahaya," katanya.

Hal-hal lain yang harus diwaspadai adalah donasi anonim dan permohonan yang mengumpulkan jumlah kecil. Anda akan mengharapkan amal nyata untuk memiliki "dana yang signifikan" menurut Sharma, namun banyak dari penggalangan dana PayPal memiliki kurang dari £100.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya