Jet Tempur AS Cegat 4 Pesawat Rusia di Alaska

VIVA Militer: Jet tempur siluman Amerika Serikat, F-35 Lightning II
Sumber :
  • nellis.af.mil

VIVA Dunia – Empat pesawat Rusia berhasil terdeteksi dan dicegat di atas Zona Identifikasi Pertahanan Udara Alaska, pada hari Senin, 13 Februari 2023. Pencegahan pesawat Rusia itu dianggap dalam apa yang disebut Komando Pertahanan Dirgantara Amerika Urata atau NORAD sebagai insiden rutin.

Demi Alasan Keamanan, Polandia Siap Tampung Senjata Nuklir NATO

Dua jet tempur F-16 dikirim oleh NORAD untuk mencegat pesawat Rusia, termasuk jet tempur TU-95 BEARH-H.

NORAD juga mengirimkan dua pesawat tempur F-35A, yang dikenal sebagai E-3 Sentry, dan dua KC-135 Stratotanker untuk membantu mencegat pesawat Rusia.

Kerjasamanya dengan Iran dan Rusia Disebut Sumber Kejahatan oleh AS, China Murka

VIVA Militer: Jet tempur militer Rusia.

Photo :

"Pesawat Rusia tetap berada di wilayah udara internasional dan tidak memasuki wilayah udara kedaulatan Amerika atau Kanada. Aktivitas Rusia di ADIZ Amerika Utara ini terjadi secara teratur dan tidak dilihat sebagai ancaman, juga tidak dianggap sebagai aktivitas provokatif,” kata NORAD dalam sebuah pernyataan.

Deretan Negara yang Dianggap Paling Siap Hadapi Perang Dunia 3

Sejak 2007, pesawat Rusia telah dicegat di ADIZ Amerika Utara, sebanyak enam hingga tujuh kali setahun.

Dua pesawat patroli maritim Rusia terdeteksi di lepas pantai Alaska dan Kanada pada bulan September, sementara pesawat pengintai Rusia memasuki ADIZ Alaska pada bulan Agustus.

Serangan terbaru terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Rusia dan Barat atas perang di Ukraina. Dua F-35 Belanda diketahui juga mencegat pesawat militer Rusia di dekat wilayah udara Polandia pada hari Senin, menurut pejabat pertahanan.

Meski demikian, deteksi pesawat Rusia pada hari Senin tidak terkait dengan dua objek tak dikenal yang ditembak jatuh oleh NORAD pada minggu lalu, yang berada di di timur laut Alaska, dan satu di atas wilayah Yukon Kanada.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya