Pesawat Tempur Rusia Masuk ke Wilayah Udara AS, NORAD: Bukan Ancaman

Pesawat / jet tempur Rusia masuk ke wilayah udara Amerika Serikat
Sumber :
  • nypost.com

VIVA Dunia – AS mengalihkan empat pesawat Rusia yang terbang di dekat Alaska pada hari Senin 13 Februari 2023, dalam apa yang disebut pejabat pemerintah sebagai "pencegatan rutin" dan bukan sesuatu yang berbahaya. 

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Komando Pertahanan Dirgantara Amerika Utara mengatakan bahwa pihaknya "mendeteksi, melacak, mengidentifikasi secara positif" empat pesawat, termasuk pesawat bom TU-95 BEAR-H dan jet tempur SU-35.

"NORAD telah mengantisipasi aktivitas Rusia ini dan, sebagai hasil dari perencanaan kami, kami bersiap untuk mencegatnya,” kata agensi tersebut dalam sebuah pernyataan. 

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Pesawat / jet tempur Rusia masuk ke wilayah udara Amerika Serikat

Photo :
  • nypost.com

NORAD adalah North American Aerospace Defense Command atau Angkatan Udara milik AS.  

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Meskipun pesawat beroperasi di dalam Zona Identifikasi Pertahanan Udara Alaska, mereka tetap berada di wilayah udara internasional.

Gangguan itu terjadi hanya beberapa jam setelah dua jet tempur Belanda mencegat formasi tiga pesawat militer Rusia di dekat wilayah udara NATO Polandia dan mengawal mereka keluar. 

NORAD mengirim lima jetnya sendiri untuk mengawal pesawat menjauh dari wilayah udara Amerika Utara dan menetapkan bahwa jet itu bukan ancaman, pesawat Rusia yang terbang di sekitarnya adalah kejadian biasa, menurut perintah tersebut.

"NORAD juga menilai bahwa aktivitas penerbangan Rusia ini sama sekali tidak terkait dengan operasi NORAD dan Komando Utara AS baru-baru ini yang terkait dengan objek udara di atas Amerika Utara selama dua minggu terakhir,” kata badan tersebut.

Seperti diketahui, empat "benda terbang" yang berbeda telah ditembak jatuh di atas wilayah udara AS dan Kanada sejak awal Februari.

Jet tempur AS menembak jatuh balon mata-mata China di perairan Carolina, AS

Photo :
  • Chad Fish via AP

Presiden Biden memerintahkan Angkatan Udara untuk menembak jatuh balon mata-mata China pada 4 Februari lalu dan lebih dari 4.000 mil setelah pertama kali menembus perbatasan AS. Departemen Luar Negeri mengatakan objek itu dilengkapi dengan antena yang mampu mengumpulkan sinyal komunikasi dan peralatan pengumpulan informasi intelijen lainnya.

Antara 10 dan 12 Februari, AS menembak jatuh tiga objek mencurigakan lainnya, satu di atas Alaska pada hari Jumat, yang kedua di atas barat laut Kanada pada hari Sabtu dan yang ketiga di atas Danau Huron pada hari Minggu.

Biden sebagian besar diam tentang benda-benda terbang yang melayang di atas wilayah udara AS, meskipun juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby mengatakan pada hari Senin bahwa Gedung Putih telah "setransparan mungkin" tentang situasi tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya