Aksi Konyol Komedian Terbangkan Balon 'Mata-mata' ke Kedubes China di London

Prankster Inggris sindir China dengan terbangkan balon
Sumber :
  • Nypost.com

VIVA Dunia – Orang iseng atau prankster di Inggris telah dituduh mencoba memulai "Perang Dunia III" setelah menerbangkan balon "mata-mata" di atas Kedutaan Besar China di tengah dugaan skandal "spionase balon" antara Amerika Serikat dan China.

5 Negara yang Pasok Senjata Terbesar ke Israel untuk Lawan Iran, AS Jadi yang Terbesar

Video mereka telah ditonton hampir satu juta kali di akun TikTok mereka, @Josh_and_Archie. “Kami berpikir bahwa mengingat orang China adalah penggemar balon-balon ini, sehingga (mungkin) mereka akan menyukainya,” ujar Josh Pieters, satu dari duo komedi online Josh & Archie, kepada Kennedy News tentang lelucon tersebut, yang direkam pada 8 Februari di Kedutaan Besar Republik Tiongkok di Marylebone, London.

Lelucon itu merupakan tanggapan atas pertengkaran AS-China yang kini tengah panas, yang dimulai dua minggu lalu setelah AS menembak jatuh objek tak dikenal yang mereka yakini sebagai balon mata-mata China. Ini memicu kegemparan internasional dengan pejabat China yang mengklaim bahwa perangkat itu hanyalah balon cuaca ketinggian tinggi.

Di Tengah Konflik Perang, Tiongkok Dukung Upaya Palestina Jadi Anggota Penuh PBB

Prankster Inggris sindir China dengan terbangkan balon

Photo :
  • Nypost.com

Pieters, mengatakan mereka merencanakan lelucon mereka sebagai "sedikit gayung bersambut" untuk dugaan tindakan spionase awal China. “Kami melihat sebuah balon ditembak jatuh di AS, jadi kami berpikir jika China dapat memata-matai pihak Barat, lalu mengapa pihak Barat tidak dapat memata-matai China?” kata prankster yang berbasis di London.

Honda Kenalkan 3 Mobil Listrik Terbarunya Ye Series, Siap Jegal BYD

Dia kemudian bercanda, "Terbang ke China akan memakan waktu cukup lama, dan itu mahal, jadi kami pikir cara yang lebih mudah, dan itu adalah menerbangkan balon di atas kedutaan karena secara teknis itu adalah China."

Dalam klip itu, Pieters dan rekannya membeli balon cuaca putih raksasa di eBay, lalu mengembangnya dengan tangki helium raksasa yang dibeli dari toko lokal. Mereka menyelesaikan balon peniru dengan melengkapinya dengan GoPro untuk memfilmkan upaya pengumpulan informasi mereka.

Prankster Inggris sindir China dengan terbangkan balon

Photo :
  • Nypost.com

Setelah melakukan uji coba, Josh dan Archie berkendara ke kedutaan Republik Rakyat Tiongkok, yang mereka klaim sebagai "salah satu bangunan paling aman di Britania Raya". “Saatnya pergi ke China,” Manners menyatakan dengan penuh kemenangan, sebelum mengakui bahwa misinya sangat “berbahaya”.

Duo komedi, yang memiliki 1,45 juta pelanggan di YouTube, kemudian menggunakan tali dan pemberat untuk mengapungkan balon ke "wilayah udara China" sebelum membawanya untuk misi pengintaian di sekitar konsulat. “Kami gugup saat meniup balon, tetapi kami yakin bahwa anak-anak berjalan-jalan dengan balon sepanjang waktu,” kata Pieters.

Meskipun dilaporkan sulit untuk melihat apa yang terjadi di balik jendela, dia bersikeras bahwa "tidak diragukan lagi ada beberapa rahasia yang dalam dan kelam tersimpan di baliknya."

Prankster Inggris sindir China dengan terbangkan balon

Photo :
  • Nypost.com

“Saat naik ke atas, kami melihat seorang pria melakukan apa yang tampak seperti panggilan bisnis yang sangat serius di atas atap,” tambah Pieters. "Kami tidak tahu apa yang dia bicarakan, tapi itu jelas hal yang cukup tinggi."

Sayangnya, tidak lama kemudian pihak berwenang tiba di tempat kejadian dan empat penjaga bersenjata keluar dan menanyai mereka tentang prank tersebut. Salah satu pejabat menyebutkan bahwa pegawai kedutaan mungkin menganggap aksi itu "menyinggung", yang mana Manners membentak, "Ya, kami pasti tidak ingin menyinggung orang China, itu jelas bukan bagian dari rencana."

Prankster Inggris sindir China dengan terbangkan balon

Photo :
  • Nypost.com

Klip diakhiri dengan penjaga yang menyuruh mereka "mengempiskan balon" dan "mengambilnya".

“Tampaknya ada tanggapan yang sangat cepat untuk menurunkan balon, dan kami pikir itu ada hubungannya dengan China yang memperhatikan balon mata-mata kami dan tidak senang karenanya,” keluh Pieters yang kecewa tentang misi pengintaian yang gagal. “Kami tahu hal semacam ini adalah hal tingkat tinggi, jadi kami bersiap untuk tanggapan tingkat tinggi, tetapi ketika kami melihat petugas polisi bersenjata, kami merasa sedikit takut.” Ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya